Sidang Terorisme Munarman

Saksi Sebut Munarman Sempat Mau Diusir di Acara Baiat ISIS

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 13:20 WIB
Ilustrasi Palu Hakim
Ilustrasi persidangan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Saksi di sidang Munarman mengaku melihat mantan Sekretaris Umum FPI itu berbaiat kepada ISIS di Gedung Syahida Inn UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, pada Juli 2014. Menurut saksi, sebelum Munarman berbaiat, panitia sempat berencana mengusirnya. Kenapa?

Awalnya, saksi menceritakan saat menjadi panitia di acara baiat di UIN Syarif Hidayatullah, dia melihat Munarman hadir di acara itu. Saat Munarman hadir, panitia acara bahkan sempat berdebat dan berencana mengusir Munarman.

"Ada perdebatan kecil antara panitia, saya dengan K, saat itu K menginstruksikan untuk mengusir Munarman, karena memang tidak ada di daftar list kami. Akhirnya saya bilang 'tahan, biarkan dulu, kalau dia tidak baiat baru kita usir'. Makanya akhirnya saya di belakang untuk pantau kondisi hal-hal mencurigakan," kata saksi berinisial HF di PN Jaktim, Rabu (19/1/2022).

Hal senada dikatakan saksi lain berinisial K. K membenarkan bahwa dia sempat berencana mengusir Munarman.

"Kata H 'nanti aja kita lihat dulu, berbaiat atau nggak, kalau nggak nanti diminta untuk keluar'," ujar saksi K.

Menurut saksi HF, Munarman datang setelah pemutaran video ISIS diputar di acara itu. Munarman juga berbaiat ke ISIS.

Terkait video yang diputar itu, saksi menjelaskan video itu berisi parade militer ISIS. Selain itu, diputar juga penerapan hukum dalam aturan ISIS.

"Memutarkan tentang parade-parade militer kekuatan Daulah Islam, yang ketika itu sudah memiliki kekuatan sebagaimana layaknya sebuah negara yang memiliki kekuatan militer untuk mempertahankan wilayahnya," papar saksi.

Dia mengatakan setelah acara pemutaran video itu, ada kajian dari beberapa tokoh yang diundang. Kemudian, acara dilanjutkan dengan baiat yang kata saksi juga diikuti oleh Munarman.

"Yang saya lihat semua peserta berdiri. Diminta berdiri dan mengacungkan tangan untuk mengikuti baiat," ucap saksi.

Saksi sebut Munarman saat itu hadir secara pribadi. Simak di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Munarman Bantah Berbaiat ke ISIS':

[Gambas:Video 20detik]