Munarman Bantah Pernah Berbaiat ke Abu Bakr al-Baghdadi Pimpinan ISIS

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 12:41 WIB
Jakarta -

Munarman membantah keterangan saksi bernama HF, seorang mantan narapidana terorisme, yang dihadirkan jaksa di sidang. Munarman mengaku tidak pernah berbaiat ke pimpinan ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.

Awalnya, sebelum Munarman membantah berbaiat, dia sempat mengingatkan HF bahwa keterangan HF ini dibawa Munarman ke yaumul hisab. Diketahui, yaumul hisab artinya peristiwa perhitungan amal manusia selama di dunia.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Saksi, ini kita bawa ke yaumul hisab ya kata-kata kita ini," ujar Munarman di PN Jaktim, Jalan Dr Sumarno, Cakung, Jaktim, Rabu (19/1/2022).

Kemudian Munarman mengkonfirmasi berita acara pemeriksaan (BAP) H terkait dengan acara baiat di UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan.

"Saudara, di BAP ini, sangat fokus ke saya, saya mau ke BAP nomor 6 di alinea terakhir ada poin walaupun sudah koreksi, 'setelah kegiatan baiat, saya bersama K melakukan penarikan infak kepada peserta yang hadir'. Saya Saudara tagih infak tidak?" tanya Munarman ke saksi.

"Nggak... saya nggak melihat... saya sudah nggak fokus lagi ke Munarman," jawab H.

"Di dalam perjalanan pulang saya sama K, E, membahas kedatangan Munarman. Apa saja yang dibahas?" ucap Munarman melanjutkan BAP.

"Tentang konsekuensi baiat antum pada waktu itu," jawab H lagi.

Munarman lantas menimpali pernyataan H. Munarman menyebut dia tidak pernah berbaiat.

"Saya tidak baiat," tegas Munarman.

"Ya itu hak Saudara membantah, saya menjawab. Pembahasan saya ya konsekuensi Saudara dalam acara," timpal saksi.

Munarman juga menegaskan kembali dia tidak pernah berbaiat ke ISIS. Hal itu disampaikan ketika dia menanggapi kesaksian H.

"Tidak benar pada bagian saya berbaiat, yang salah (keterangan saksi), saya tidak berbaiat," tegas Munarman.


Munarman Sempat Mau Diusir di Acara Baiat

Dalam sidang ini, H mengaku melihat Munarman berbaiat ke ISIS di UIN Syarif Hidayatullah pada 6 Juli 2014. H diketahui panitia acara di acara tersebut.

"Lihat jelas (Munarman baiat)," kata Hendro.

H menyebut Munarman tidak diundang dalam acara tersebut. Munarman juga sempat hendak diusir oleh panitia, namun itu tidak terjadi karena Munarman berbaiat.

"Posisi saya kebetulan deket pintu masuk, kurang-lebih 10 meter dengan Terdakwa. Dan ada perdebatan kecil antara panitia, saya dengan K. Saat itu K menginstruksikan untuk mengusir Munarman karena memang tidak ada di daftar list kami. Akhirnya saya bilang, 'tahan, biarkan dulu, kalau dia tidak baiat, baru kita usir'," jelas Hendro.

"Akhirnya baiat tetap dilaksanakan dan saksi lihat Terdakwa baiat?" tanya hakim mempertegas dan diamini Hendro.

"(Isi baiat) 'Aku berjanji untuk taat dan patuh kepada kaum muslimin kepada Abu Bakr al-Baghdadi, setia, selama tidak menunjukkan kekafiran'. Kurang-lebih seperti itu," jelas Hendro.