Heboh Ustaz Khalid Basalamah Ditolak Ceramah di Palu

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 07:52 WIB
Begini Hukum Makan Durian dan Tape Ketan dalam Islam Menurut Ustaz Khalid Basalamah
Ustaz Khalid Basalamah (Foto: iStock)
Palu -

Ustaz Khalid Basalamah dikabarkan ditolak berceramah di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Ustaz Khalid Basalamah ditolak oleh sejumlah organisasi kemasyarakatan.

Kabar ini bermula dari sejumlah postingan viral yang menunjukkan surat penolakan. Surat penolakan tersebut dari Himpunan Pemuda Alkhairaat, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, GP Ansor, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Asybaalul Khairaat, serta Majelis Syahamah.

Masih dalam surat viral tersebut juga tertulis alasan-alasan penolakan, salah satunya karena Ustaz Khalid Basalamah dituding sebagai dai Wahabi di Indonesia.

Ustaz Khalid BasalamahUstaz Khalid Basalamah (Foto: Tangkapan Layar 20detik)

Klarifikasi

Relawan Sahabat Khalid Basalamah (KHB) Indonesia, Daeng Sangkuruwira, buka suara terkait permasalahan ini. Ia menjelaskan duduk perkara penolakan terhadap Ustaz Khalid.

"Kronologinya adalah waktu itu teman-teman dari Palu menanyakan ke saya bagaimana mengundang Ustaz Khalid datang ke Palu," kata Sangkuruwira saat dihubungi detikcom, Senin (17/1/2022).

Sangkuruwira mengaku menanggapi pertanyaan itu dengan menyarankan pihak pengundang agar sebaiknya undangan itu datang dari pihak Pemerintah Kota Palu.

"Jadi teman-teman ini kalau nggak salah dari Lentera Islam yang berniat mengundang. Mereka (akhirnya) melakukan audiens dengan Wali Kota Palu," katanya.

Selengkapnya di halaman berikutnya

Lihat juga Video: Kata Ustaz Khalid Basalamah soal Persepsi Kambing Makanan Tak Sehat

[Gambas:Video 20detik]