BNPB Janjikan Hunian Sementara Korban Erupsi Semeru Rampung 2 Bulan

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 18:47 WIB
Petugas mengoperasikan ekskavator untuk membersihkan material erupsi Gunung Semeru yang menutupi jalan di Dusun Kamar Kajang, Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (10/12/2021). Pembersihan material pasir dan batu dari letusan Gunung Semeru tersebut dilakukan untuk memperlancar proses evakuasi korban di wilayah itu. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/rwa.
Suasana Erupsi Semeru (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta -

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Mayjen Suharyanto menyampaikan ada ribuan hunian sementara (huntara) korban erupsi gunung Semeru, Jawa Timur, yang sedang dibangun. Dia mengatakan pembangunan huntara akan rampung dalam waktu dua bulan.

"Jadi nanti, dalam waktu dua bulan ini, 1.956 bisa pindah ke huntara, sambil menunggu pembangunan huntap (hunian tetap)," kata Suharyanto saat rapat dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan , Selasa (18/1/2022).

"BNPB memberikan dana siap pakai di situ, yang membangun huntap adalah PUPR," ujarnya.

Suharyanto menyampaikan, selain membangun huntara, ada sarana dan prasarana penunjang lain yang dibangun, dari pasar hingga fasilitas kesehatan.

"Kami kebetulan baru kembali dari Semeru. Di sana sudah siap, sudah ada 81 hektar sudah dimapankan, sudah dalam bentuk hamparan, dan sudah dibangun huntara," jelasnya.

"Masing-masing penyintas bencana ini dapat tanah ukuran 10x14 meter atau 140 meter persegi. Di belakangnya dibangun huntara berukuran 6x4,8 meter, sedangkan huntap berukuran 6x6 meter akan dibangun di bagian depan," imbuhnya.

(dek/isa)