Makam Upin-Ipin yang Viral di Palu Sulteng Ramai Dikunjungi Warga

Mohammad Qadri - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 17:14 WIB
Kuburan Upin Ipin yang viral di Palu (detikcom/Mohammad Qadri)
Kuburan Upin-Ipin yang viral di Palu. (Mohammad Qadri/detikcom)
Palu -

Makam dengan nama batu nisan Upin dan Ipin di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), viral di media sosial. Kini, makam yang tak jauh dari pusat Kota Palu itu ramai didatangi warga.

Pantauan detikcom, Selasa (18/1/2022), sekitar pukul 17.30 Wita, kuburan Upin dan Ipin yang viral berada di Pemakaman Uevune Layana, Kelurahan Layana, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu. Lokasinya cukup mudah diakses, yakni hanya butuh perjalanan 10 menit dari pusat Kota Palu.

Di lokasi, tampak sedang banyak pengunjung yang hendak menyaksikan kuburan Upin dan Ipin yang viral. Mereka hendak mengabadikan kuburan Upin dan Ipin itu dengan foto dan video untuk keperluan postingan media sosial masing-masing.

Dilihat detikcom, nisan di kuburan Upin tertulis waktu wafat pada 6 Agustus 1995. Sementara di nisan kuburan Ipin tertulis tanggal wafat 2 April 1996. Jarak kematian keduanya hanya berjarak 6 bulan.

"Mereka bisa dibilang saudara kembar, jarak kelahiran cuma beda bulan," kata Anca, paman Upin dan Ipin, kepada detikcom di lokasi.

Seperti kita ketahui, Upin dan Ipin adalah dua tokoh anak-anak dari serial kartun asal Malaysia yang juga populer di banyak negara, termasuk di Indonesia. Viralnya kuburan Upin dan Ipin ini sampai membuat pihak pembuat Upin Ipin di Malaysia menyatakan klarifikasi.

Pihak pembuat Upin Ipin, Les Copaque, menegaskan ide cerita adalah dari Hajah Ainon, pengisi suara Opah; dan Haji Burhanuddin, pengisi suara Tok Dalang sekaligus Pengarah Urusan Les' Copaque Production.

"Beliau juga turut berkongsi pengalaman beliau dibesarkan di kampung di dalam siri Upin & Ipin," kata Les Copaque.

Les Copaque juga menjelaskan kenapa dibuat cerita Upin Ipin yatim dan botak. Hal itu semata untuk memudahkan cerita dan proses animasi karena keterbatasan anggaran dan SDM animator.

(hmw/nvl)