Kronologi Laporan Luhut hingga Haris Azhar-Fatia Didatangi Polisi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 14:50 WIB
Jakarta -

Laporan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan naik ke tingkat penyidikan. Laporan itu berujung Haris Azhar dan Koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti, didatangi polisi pagi ini karena sudah dua kali tidak memenuhi panggilan dengan alasan tidak wajar. Berikut kronologinya.

Laporan Luhut Naik Penyidikan

Informasi mengenai status perkara pencemaran nama baik itu naik ke tingkat penyidikan awalnya disampaikan Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (6/1/2022). Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti masih berstatus sebagai saksi.

"Sudah sidik (penyidikan). Tapi pada prinsipnya Haris Azhar masih saksi," kata Auliansyah.

Auliansyah mengatakan naiknya status kasus itu melalui sejumlah tahapan. Salah satunya proses mediasi yang telah dicoba difasilitasi pihak kepolisian.

Namun, upaya mediasi itu berakhir buntu. Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti dengan pihak Luhut Binsar Pandjaitan tidak pernah bertemu dalam upaya mediasi itu.

"Kita kan sudah upaya mediasi sesuai aturan berlaku, tapi tidak ketemu. Dari awal kita coba mediasi tapi ada penundaan yang dilakukan Haris Azhar. Dari pelapor juga sudah coba mengikuti apa yang diinginkan haris Azhar tapi tidak ketemu," katanya.

Atas dasar itu, penyidik kemudian melakukan gelar perkara hingga memutuskan menaikkan status kasus yang dilaporkan Luhut Binsar Pandjaitan.

"Akhirnya kita melakukan gelar perkara untuk bisa kita naikkan ke penyidikan," terang Auliansyah.

Haris Azhar Minta Pemeriksaan Ditunda

Pada Kamis (6/1), polisi sedianya memeriksa Haris Azhar dan Fatia terkait laporan pencemaran nama baik yang dilayangkan oleh Luhut. Laporan itu urung dilakukan akibat permintaan penundaan dari kedua terlapor.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan pihaknya telah menerima permintaan penundaan pemeriksaan yang disampaikan oleh Haris Azhar dan Fatia. Untuk itu, penyidik akan menjadwalkan ulang pemeriksaan keduanya.

"Kita hari ini baru terima surat dari pengacara hukum Haris Azhar yang meminta penyidik untuk melakukan penundaan pemeriksaan Haris Azhar menjadi tanggal 7 Februari 2022," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (6/1/2022).

Sementara itu, Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis menjelaskan soal rencana pemeriksaan kepada Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti. Pemeriksaan keduanya seharusnya dimulai sejak Desember 2021.

"Kami pada bulan Desember lalu sudah memanggil Haris Azhar untuk tanggal 23 Desember. Tapi Haris Azhar saat itu mengirim surat kepada kami untuk meminta penundaan di awal bulan Januari," jelas Auliansyah.

Menurut Auliansyah, pihaknya lalu memenuhi permintaan dari Haris Azhar tersebut dan menjadwalkan pemeriksaan hari ini. Namun, pihak Haris kembali meminta penundaan pemeriksaan.

"Kami akomodasi permohonan Haris Azhar tersebut sehingga kami membuat surat pemanggilan kedua kita sesuaikan tanggal 6 Januari dan seharusnya datang. Kami baru terima surat dari Haris Azhar minta penundaan lagi di bulan Februari," ujar Auliansyah.