Antisipasi Hujan-Angin Kencang, Dishut Jakut Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 13:30 WIB
Tetes air hujan di kaca. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi hujan (Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara mulai melakukan topping atau pemangkasan dahan pohon guna mengantisipasi curah hujan tinggi. Pemangkasan dilakukan terhadap pohon yang rimbun dan rawan tumbang.

"Untuk mengantisipasi curah hujan dan angin kencang, tim topping Jakarta Utara rutin melakukan topping pepohonan yang sudah terlalu rimbun atau pohon-pohon yang rawan getas dan tumbang," kata Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakut Elly Sugestianingsi saat dimintai konfirmasi, Selasa (18/1/2022).

Ada beberapa lokasi di Jakarta Utara yang diperhatikan terkait angin kencang, di antaranya Cilincing dan Tanjung Priok. Sementara itu, daerah Sunter dan Danau Sunter C menjadi daerah rawan pohon tumbang.

Lebih lanjut Elly mengatakan pihaknya akan berfokus merapikan wilayah di sekitar Jalan Yos Sudarso dan Jalan Perintis Kemerdekaan.

Nantinya, kata Elly, sejumlah personel dari setiap kecamatan di Jakarta Utara akan diturunkan dalam pemangkasan pohon.

"Tiap kecamatan memiliki tim topping masing-masing dan tim topping tiap kecamatan ada sekitar 8-10 personel, yang bertugas merapikan pohon," ujarnya.

Terkait curah hujan tinggi dan angin kencang, Elly mengimbau masyarakat tidak memarkirkan kendaraan di bawah pohon.

"Imbauan untuk warga adalah tidak memarkirkan kendaraannya di bawah pohon untuk menghindari tertimpa pohon tumbang. Kemudian, jika terjadi pohon tumbang, dapat menghubungi petugas topping Jakarta Utara," pungkasnya.

Simak Video 'BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)