Kejari Jeneponto Tetapkan 4 Tersangka Kasus Korupsi Rumah Adat

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 13:27 WIB
Poster
Foto ilustrasi korupsi. (Edi Wahyono/detikcom)
Jeneponto -

Kejaksaan Negeri (Kejari) Jeneponto menetapkan 4 tersangka di kasus dugaan korupsi rumah Kelompok Adat Terpencil (KAT). Kejaksaan menaksir ada kerugian negara sekitar Rp 1,3 miliar dalam kasus ini.

"Kemarin kita tetapkan empat orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi rumah Kelompok Adat Terpencil yang ada di Jeneponto," kata Kasi Intel Kejari Jeneponto Hendarta saat dikonfirmasi, Selasa (18/1/2022).

Kejari menetapkan empat orang ini setelah melakukan pemeriksaan lebih dari 6 jam. Salah satu tersangka diketahui merupakan PNS di Dinas Sosial Provinsi Sulsel berinisial HM. Sisanya adalah HN, HS,dan BR yang merupakan bagian dari pihak swasta.

Menurutnya, pembangunan rumah KAT berasal dari anggaran Kementerian Sosial tahun 2019 dan mulai diselidiki oleh pihak Kejari sejak tahun lalu 2021. Kejari Jeneponto menduga ada kerugian negara dalam proses program pembangunan rumah KAT ini.

"Diduga kerugian negara sekitar Rp 1,3 miliar dalam kasus ini," sebutnya.

Usai ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi, keempatnya lalu ditahan di rumah tahanan Klas IB Jeneponto. Pihak kejaksaan juga masih terus melakukan penyelidikan atas kasus ini dan melakukan pengumpulan bukti-bukti baru lainnya.

(fiq/aud)