RUU TPKS Akan Disahkan Jadi RUU Inisiatif DPR di Paripurna Hari Ini

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 08:41 WIB
Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyambut gembira rencana kedatangan Ketua DPR RI Puan Maharani ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, di Kecamatan Pronojiwo. Menurutnya, kedatangan Puan akan menjadi kunjungan pertama pejabat negara ke Pronojiwo.
Puan Maharani (Foto: Istimewa)
Jakarta -

DPR akan mengelar rapat paripurna dengan dua agenda pengesahan rancangan undang-undang (RUU) hari ini. Yakni RUU Ibu Kota Negara yang disahkan menjadi undang-undang dan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) yang disahkan jadi inisiatif DPR.

Rapat digelar di ruang rapat paripurna kompleks Senayan, parlemen, Jakarta. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani.

"Semoga dua agenda penting DPR hari ini membawa manfaat yang besar untuk kemaslahatan rakyat, bangsa dan negara," kata Puan dalam keterangan tertulis, Selasa (18/1/2022).

Puan mengatakan dua agenda dalam rapat paripurna tersebut sesuai dengan hasil keputusan Rapat Konsultasi Pengganti Rapat Badan Musyawarah DPR RI antara Pimpinan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi pada 13 Januari 2022.

Terkait RUU TPKS, Puan menjelaskan, setelah disahkan jadi inisiatif DPR, pihaknya bersama pemerintah akan melakukan pembahasan. Nantinya, pemerintah akan mengirim surpres untuk menunjuk perwakilan yang akan membahas.

"Surpres tersebut akan berisi wakil pemerintah yang ditunjuk Presiden untuk membahas RUU ini bersama DPR. Berikut juga dengan DIM (daftar inventarisasi masalah) dari pemerintah," kata Puan.

Puan berharap publik terus memberi masukan dan aspirasi kepada DPR RI selama RUU TPKS ini dibahas pemerintah.

"Kami di DPR akan terus mendengar apa yang menjadi aspirasi masyarakat agar kita bisa sama-sama mencegah segala bentuk kekerasan seksual di sekitar kita," ujar Puan.

(eva/lir)