Dituntut Mati, Heru Hidayat Jalani Sidang Vonis Kasus ASABRI Hari Ini

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 06:44 WIB
Tuntutan hukuman mati di kasus ASABRI diajukan jaksa untuk Presiden Komisaris PT Trada Alam, Heru Hidayat.
Heru Hidayat (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera, Heru Hidayat, akan menjalani sidang vonis kasus korupsi ASABRI hari ini. Heru diketahui dituntut hukuman mati oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, sidang akan dilakukan Selasa (18/1/2022) pukul 10.00 WIB.

Sementara itu, pengacara Heru Hidayat, Jefry Moses Kam, mengatakan pihaknya berharap hakim tidak mengikuti tuntutan jaksa. Serta memutuskan hukuman terhadap Heru sesuai dengan aturan.

"Harapanya pasti hukuman yang sesuai aturan lah, hakim jangan sampai mengikuti tuntutan jaksa yang jelas-jelas tidak sesuai antara dakwaan dan tuntutan," kata Jefry saat dihubungi.

Heru Hidayat sebelumnya dituntut hukuman mati oleh jaksa penuntut umum. Heru diyakini melakukan korupsi bersama mantan DirutASABRIAdam Damiri dan Sonny Widjaja dkk hingga merugikan negara sebesar Rp 22,7 triliun.

"Menuntut agar majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini dapat memutuskan menyatakan Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi dengan pemberatan secara bersama-sama dan tindak pidana pencucian uang," ujar jaksa saat membacakan tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (6/12).

"Menghukum Heru Hidayat dengan pidana mati," tambah jaksa.

Selain dihukum mati, Heru juga dituntut jaksa membayar uang pengganti senilai Rp 12,643 triliun. Nantinya bila uang pengganti tidak dibayarkan maka harta bendanya dapat disita ataupun dilelang.

"Membebankan ke terdakwa untuk membayar uang pengganti sebesar Rp 12.643.400.946.226 (triliun) dengan ketentuan dalam hal terdakwa tidak membayar uang pengganti selama setelah 1 bulan pembacaan putusan berkekuatan hukum tetap maka hartanya bendanya bisa disita dan dilelang oleh jaksa untuk menutupi uang pengganti tersebut," tuturnya.

Simak Video: Reaksi Kuasa Hukum Atas Tuntutan Hukuman Mati Heru Hidayat

[Gambas:Video 20detik]