Ragam Tanggapan Satpam di Jaksel Soal Seragam Baru Warna Krem

Mulia Budi - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 22:10 WIB
Seragam Satpam
Seragam satpam akan diubah menjadi warna krem (Ilustrasi: Instagram Humas Polda Banten)
Jakarta -

Polri akan memperkenalkan seragam baru satpam berwarna krem pada hari ulang tahun (HUT) satpam yang jatuh pada 31 Januari 2022. Sejumlah satpam di wilayah Jakarta Selatan merespons hadirnya seragam baru tersebut.

Seorang warga yang berprofesi sebagai satpam sejak 2019, Sapi'i, mengatakan ingin seragam satpam kembali ke warna lama yaitu berwarna biru. Dia mengaku merasa malu jika disamakan dengan polisi ketika mengenakan seragamnya sekarang.

"Saya senangnya ya kembali ke awal aja ke biru itu ya, emang kita bukan polisi kita satpam ya apa adanya aja saya pengennya kembali kayak dulu lagi aja," ujar Sapi'i saat ditemui di tempat kerjanya, Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan, Jakarta Selatan, Senin (17/1/2022).

"Saya juga malu lah kalau dibilang polisi sih, orang bukan polisi, orang tua mah malu, orang kita bukan polisi yang lama aja mending kembali yang biru bagus. Kalau kayak gini jalan aja mah malu, jalan saya jaketin, kalau kita mah malu," tuturnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan alasannya menyukai seragam satpam warna biru. Bekerja di lapangan, sebut Sapi'i, menjadi sebab dirinya lebih memilih seragam satpam warna biru dibanding warna putih.

"Kalau putih cepat kotor kalau kita di jalan, biasanya putih itu di kantor AC, buat kita yang di lapangan ya gimana kalau krem jelek kayaknya," kata Sapi'i.

"Kalau PKD khususnya di luar aja kurang wibawa juga cepat kotor, kalau putih kurang wibawa juga namanya di jalan kita setiap hari bertemu debu kendaraan kalau putih kelihatan banget kotor asap," ujarnya.

Satpam lainnya, Wahyudi, Hendri, dan Rusmita mengungkap pilihan yang sama. Mereka mengaku lebih menyukai seragam satpam berwarna biru.

"Saya mengikuti aturan saja diubah ya diubah, nggak ya nggak gitu mengikuti pimpinan, lebih nyaman biru-biru, ya kita Sipil kan," ujar Wahyudi, satpam LPDP, Jakarta Selatan.

"Ya kalau saya sendiri sih lebih ke yang biru ya yang awal jadi biar serempak aja jadi seragam satpam yang itu aja udah daripada suka yang seperti ini disalahgunakan oleh pihak-pihak yang nggak bertanggungjawab gitu kan namanya manusia kalau saya lebih baik yang biru aja," ujar Hendri, satpam di daerah Cikoko Timur.

"Kalau ini mah enakan yang dulu lah yang biru-biru, kalau yang kayak gini nih saya perhatiin saya sering pulang gitu kan pada gimana ya saya lihat pada pakai gini sok-sok gitu, jadi mungkin masyarakat ngelihatnya gimana gitu kan," ujar Ade Rusmita, satpam Graha Menara Ijo.

Rusmita menyayangkan cepatnya perubahan seragam satpam. Dia masih berharap seragam satpam tidak diubah supaya tidak menambah pengeluaran.

"Ya kalau saya mah ngikutin aja gitu kan mau jadi apa aja ya nggak masalah gitu, kita rakyat biasa ya ngikuti aturan dari atas cuman yang saya ini tuh inikan baru berapa belum setahun gitu, belum setahun mau ganti lagi otomatis kan biaya lagi gitu, kalau bisa jangan ganti lah biar nggak keluar biaya lagi," ujar Rusmita.

Satpam lainnya, Adianto dan Yopi mengaku menyukai seragam satpam berwarna putih biru. Selain itu, Yopi juga menolak perubahan seragam baru satpam tersebut.

"Ya setuju aja yang beda sama polisi saja jadi biar orang tau biar nggak keliru, tau warnanya biasanya kan hitam sama abu-abu safari, lebih suka yang kayak dulu aja putih biru," ujar Adianto, satpam BPK.

"Kalau menurut saya nggak setuju karena ini kan seragam juga baru pakai baru sekitar 2 mingguan lah baju ini dipakai, terus warna krem juga lucu dah kalau satpam pakai warna krem mending balik lagi aja ke putih biru lebih ini lagi lebih bagus lagi, kalau krem kayak gimana gitu," ujar Yopi, satpam gedung MLI.

Satpam lainnya, Ripai, mengapresiasi langkah pemerintah terkait kebingungan masyarakat membedakan satpam dan polisi. Namun, dia mengaku lebih menyukai seragam satpam yang lama.

"Saya juga mengapresiasi pihak Kapolri mungkin DPR juga yang istilahnya melihat permasalahan ini menjadi serius, jadi untuk menghindari polemik tersebut kembali ke awal aja putih biru atau biru biru," ujar Ripai, satpam BP2MI.

"Kalau kami sebagai apa petugas di lapangan intinya taat dan patuh pada Undang Undang apa yang diundangkan yang di peraturan kita akan ikuti, tapi mungkin kalau secara pribadi lebih suka ke putih biru atau biru biru," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.