Satgas COVID-19 Terapkan Sistem Bubble Selama MotoGP Mandalika

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 20:34 WIB
Kepala BNPB Letjen Suharyanto usai rapat kerja dengan Komisi VIII DPR (Rolando Sihombing/detikcom).
Kepala BNPB Letjen Suharyanto (Rolando Sihombing/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah menyiapkan skema khusus bagi peserta balapan internasional MotoGP di Sirkuit Mandalika. Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen Suharyanto mengatakan pemerintah menerapkan sistem bubble selama MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Lomba itu diselenggarakan di Mandalika, Lombok. Akan dilakukan sistem bubble khusus di Lombok," kata Letjen Suharyanto saat ditemui di Gedung Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Senin (17/1/2022).

Lebih lanjut, Kepala BNPB itu menjelaskan sistem bubble itu merupakan skema perjalanan yang akan diberlakukan pada peserta MotoGP. Mobilitas peserta akan diatur sedemikian rupa, sehingga tidak ada interaksi dengan masyarakat lain.

"Jadi, orang yang datang itu tidak akan ke mana-mana. Dia datang ke bandara, masuk ke hotel, nonton MotoGP, balik ke hotel, pergi ke bandara lagi. Jadi tidak ada interaksi dengan masyarakat lain," sambungnya.

Menurutnya, sistem bubble ini merupakan cara untuk meyakinkan para peserta MotoGP bahwa Indonesia aman dari COVID-19. Pemerintah juga akan memperketat pengawasan protokol kesehatan di Mandalika.

"Sistem bubble ini supaya orang-orang sudah yakin betul bahwa mereka aman dari COVID-19. Kami juga memperketat pengawasan pelaksanaan kegiatan untuk memastikan seluruhnya berjalan sesuai protokol kesehatan yang berlaku," ujarnya.

(rfs/rfs)