Andre Rosiade: Dirut Garuda Tepat Tarik Snack Gambar Kaesang agar Tak Gaduh

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 16:11 WIB
Andre Rosiade
Andre Rosiade (Dok. Pribadi)
Jakarta -

Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memutuskan menarik seluruh snack dengan ilustrasi Kaesang Pangarep setelah menjadi perbincangan. Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade mengapresiasi keputusan Dirut Garuda.

"Langkah Dirut Garuda untuk menarik edaran Tricks di Garuda itu langkah tepat untuk mengganti kemasan, untuk mengurangi pro dan kontra," kata Andre saat dihubungi, Senin (17/1/2022).

Andre menyebut Garuda Indonesia, secara cash flow, merupakan perusahaan yang sulit saat ini. Likuiditas Garuda terganggu. Andre menyebut supplier makanan, termasuk Tricks, setahu dia turut membantu Garuda Indonesia.

"Sebenarnya, kemungkinan besar Tricks itu membantu Garuda untuk memenuhi kebutuhan snack penumpang. Itu yang perlu publik ketahui. Jadi coba lihat langkah positifnya," kata Andre Rosiade.

"Kita tahu secara likuiditas Garuda terganggu, cash flow-nya morat-marit. Jadi, dugaan saya Tricks itu memberikan insentif dengan memberikan pembayaran waktu yang lama kepada Garuda. Itu dampak positifnya," imbuh politikus Partai Gerindra itu.

Andre menegaskan Dirut Garuda sudah tepat dengan melakukan langkah cepat meredam pro kontra bungkus snack bergambar ilustrasi Kaesang. Dia menyebut Garuda Indonesia saat ini masih dalam keadaan sulit.

"Kalau soal ramai netizen ya, saya rasa langkah Dirut Garuda untuk meminta pergantian kemasan itu langkah yang bijak supaya mengurangi pro dan kontra. Tapi dugaan saya Tricks ini banyak membantu Garuda dengan memberikan jangka waktu yang panjang, karena kita tahu cash flow Garuda dalam keadaan yang sulit. Seluruh barang di Garuda ditahan," ujarnya.

Penjelasan Tricks

PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS) baru saja meluncurkan kemasan baru produk makanan ringan Tricks yang menampilkan ilustrasi wajah Kaesang Pangarep sebagai bagian dari kerjasama co-branding dengan PT. Harapan Bangsa Kita (GK Hebat).

"Kemasan baru ini ditujukan untuk memperkenalkan Tays Bakers di pasar ritel, mengingat sosok Kaesang Pangarep yang dekat dengan UMKM Indonesia," kata CEO Tays Bakers, Alexander Anwar.

Alexander mengatakan Tays Bakers sebelumnya juga telah telah menjalin kerja sama dengan PT Aerofood Indonesia (Aerofood ACS) selama satu tahun terakhir. Tays Bakers menyediakan produk Tricks kepada Aerofood ACS untuk keperluan distribusi di berbagai maskapai penerbangan yang menggunakan jasa Aerofood ACS.

Adapun untuk pendistribusian di maskapai, kini akan digunakan produk Tricks dengan kemasan standar tanpa ilustrasi endorser.

"Kami akan menukar semua produk Tricks pada Aerofood ACS dengan kemasan standar," ujar Alex.

(gbr/zak)