detikcom Do Your Magic

PT KAI Bakal Ultimatum Bedeng di Dekat JIS Agar Dibongkar

Marteen Ronaldo - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 15:33 WIB
Warga gusuran Kampung Bayam bangun bedeng di belakang Jakarta International Stadium (JIS).
Foto: Marteen Ronaldo/detikcom
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal mengirim surat peringatan kepada pemilik bedeng di area rel dekat Jakarta International Stadium. Saat ini, KAI masih berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Saat ini sedang dalam tahap koordinasi bersama dengan Pemprov dan DJKA secara detail bangunan liar serta mengeluarkan surat peringatan," ujar Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa saat dihubungi oleh detikcom, Senin (17/1/2022).

Saat ditanya apakah surat peringatan itu merupakan surat peringatan untuk warga meninggalkan kawasan tersebut, dia pun menjawab dengan lantang.

"Iya, betul," singkatnya.

Eva pun menerangkan bahwa keputusan tersebut sebagai upaya untuk menyelamatkan dan menjaga keamanan para pekerja dan masyarakat yang berada di lingkungan sekitar JIS.

"Untuk selanjutnya, dalam waktu dekat, akan dilakukan penertiban untuk tanggalnya akan kami informasikan lebih lanjut," terangnya.

"Pendataan juga detail dari Pemprov sehingga memang membutuhkan waktu. Besok kita akan mulai pendataan bersama," katanya.

Diketahui sebelumnya, terdapat bedeng-bedeng di dekat JIS. Bedeng-bedeng itu berdiri di tanah milik KAI yang jadi area rel kereta.

Pemilik bedeng merupakan warga Kampung Bayam yang merupakan terdampak proyek pembangunan JIS. JakPro selaku kontraktor proyek mengaku telah memberikan kompensasi terhadap warga terdampak.

(aik/aik)