33 Rumah Warga Pontianak Rusak Diterjang Puting Beliung

Adi Saputro - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 14:51 WIB
Puluhan rumah di Pontianak porak poranda diterjang puting beliung
Puluhan rumah di Pontianak porak poranda diterjang puting beliung. (Adi Saputro/detikcom)
Pontianak -

Sebanyak 33 rumah di tiga wilayah Banjar Serasan, Pontianak Timur, Kalimantan Barat, rusak diterjang angin puting beliung. Warga masih membereskan dampak kerusakan.

Tiga lokasi terdampak paling parah ialah Gang Madrasah, Gang Kame, dan Gang Kite. Tidak hanya kerusakan rumah, jaringan internet juga terputus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Haryadi S Triwibowo, mengatakan dari data yang terbaru hasil verifikasi di lapangan tercatat ada 33 rumah di bagian atap rumah yang beterbangan diterjang puting beliung, kemarin.

"Kerusakan sebagian besar adalah atap rumah, dan telah dihitung dan didata ulang, sekitar 33 rumah yang alami kerusakan mulai kerusakan ringan hingga kerusakan parah," jelas Haryadi di lokasi, Senin (17/1/2022).

Ia menuturkan Pemerintah Kota Pontianak segera membantu warga yang terdampak angin puting beliung dengan bantuan material bangunan.

"Kita akan memperbaiki rumah-rumah warga yang alami kerusakan, termasuk mendata bantuan-bantuan dari masyarakat, " jelasnya.

Kapolsek Pontianak Timur Kompol Malik yang terjun memantau kegiatan masyarakat terdampak angin puting beliung, pihaknya senantiasa membantu masyarakat dan ikut menerjunkan personil dalam pengamanan maupun bantuan tenaga untuk membantu memperbaiki rumah warga yang rusak.

"Sejauh ini dari laporan yang diterima dan hasil pemantauan di lapangan, tidak ada satupun korban luka maupun korban jiwa, termasuk tidak ada pengungsi. Jadi situasi sekarang aman, masyarakat terus beraktivitas seperti biasa. Yang rumahnya alami kerusakan, segera kita bantu bersama BPBD, Dinas PU, Kelurahan Banjar Serasan, dan instansi lainnya," kata Malik.

Pemerintah Kota Pontianak mengimbau masyarakat, terutama di pesisir Sungai Kapuas, agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan ancaman potensi cuaca ekstrim yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Lihat juga video 'Sejumlah Rumah Warga di Purwakarta Rusak Diterjang Angin Puting Beliung':

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)