Kapal Bawa Jenazah Tenggelam Usai Tabrak Kayu di Sungai Mahakam

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 14:20 WIB
Polisi bersama warga mengevakuasi jenazah yang kapalnya tenggelam di Sungai Mahakam (dokumen istimewa)
Foto: Polisi bersama warga mengevakuasi jenazah yang kapalnya tenggelam di Sungai Mahakam (dokumen istimewa)
Kukar -

Sebuah speedboat yang mengangkut 12 penumpang dan satu peti berisi jenazah dilaporkan tenggelam di Sungai Mahakam, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) akibat menabrak batang kayu. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Informasinya kapal menabrak batang kayu. Mungkin karena motorisnya tidak melihat, akhirnya kapal tenggelam," kata Kapolsek Muara Wis AKP Zarma Putera saat dihubungi, Senin (17/1/2022).

Speedboat yang dikemudikan pria bernama Yamin (36)itu tenggelam sekitar pukul 09.30 Wita pagi tadi, tepatnya di perairan sungai Mahakam Desa Muara Wis Kecamtan Muara Wis Kabupaten Kukar, Kaltim. Speedboat diektahui bertolak dari Samarinda menuju Melak, Kubar.

"Kapal tenggelam memang tidak jauh dari tepi sungai dan dekat permukiman, sekitar 10 meter. Jadi warga sekitar yang lihat dengan cepat membantu evakuasi penumpang dan peti jenazah," ucap Zarma.

"Di atas kapal penumpang berjumlah 12 orang, satu peti jenazah, dan satu orang motoris," sambung AKP Zarma.

Usai dievakuasi, rencananya rombongan akan melanjutkan perjalanan melalui dermaga pelabuhan Muara Wis menuju ke Long Irma, Kubar. Para korban kini menunggu kapal penjemput dari Samarinda.

Zarma menjelaskan, pihaknya sampai saat ini masih berada di lokasi kejadian. Rencananya speedboat yang tenggelam akan langsung dievakuasi.

"Ini anggota masih di lapangan untuk membantu melakukan evakuasi kapal speed-nya," pungkasnya.

Lihat juga video 'Kapal Pembawa WNI Terbalik di Perairan Malaysia, Polri Akan Selidiki':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/mud)