Viral Anak Meninggal di Ambulans, Polisi Sesalkan Sopir Tak ke RS Terdekat

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 10:32 WIB
Viral video pria ngaku penumpang meninggal karena tak diberi jalan pengendara lain di Makssar (dokumen istimewa)
Viral video pria ngaku penumpang meninggal karena tak diberi jalan pengendara lain di Makssar. (dokumen istimewa)
Makassar -

Polisi lalu lintas (Polantas) turut buka suara terkait kasus viral anak meninggal di atas ambulans karena tak diberi jalan oleh pengendara lain di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Polisi lalu menyesalkan sopir ambulans tak segera berbelok ke rumah sakit (RS) terdekat.

"Itu kan harusnya ke rumah sakit terdekat dengan melihat kondisi korban," kata Dirlantas Polda Sulsel Kombes Faisal kepada detikcom, Senin (17/1/2022).

Seperti video viral, sopir ambulans yang belum diketahui identitasnya itu mengaku melakukan perjalanan dari Jalan Talasalapang, Kecamatan Rappocini, Makassar, menuju RS Daya. Dalam perjalanan itu sopir, ambulans setidaknya melalui jarak sekitar 16 kilometer. Dalam hal ini ambulans juga melewati sejumlah titik jalan rawan macet tapi terdapat setidaknya dua hingga tiga rumah sakit di jalur ini.

Polisi lantas menyayangkan hal itu karena sopir ambulans seharusnya tidak melewati rumah sakit terdekat dalam perjalanan jika kondisi kritis. Sopir sedianya harus berbelok ke RS terdekat demi keselamatan pasien.

"Jadi walaupun misalnya dia tujuannya rumah sakit mana kalau korbannya sudah kritis udah belok saja ke rumah sakit terdekat demi keselamatan pasien ini kan yang diantar itu," kata Faisal.

Sopir dinilai semestinya tak perlu lagi mengutamakan rumah sakit yang menjadi tujuan sejak awal. "Nggak perlu lagi," katanya.

"Karena kalau ngejar-ngejar RS dengan kondisi seperti itu kan itulah yang terjadi kan. Berapa rumah sakit itu (yang dilewati)," sambung Faisal.

Faisal mengatakan pihaknya segera melakukan pembenahan. Sopir ambulans bakal diedukasi bisa segera menepi ke rumah sakit terdekat apabila dalam kondisi darurat.

"Mungkin besok kita undang, kita ada pertemuan dengan beberapa kepala rumah sakit, penyedia ambulans, untuk membicarakan terkait masalah ini. Karena kita harus menertibkan, artinya menertibkan untuk membenahi yang lebih baik lagi gitu," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kisah miris dialami seorang anak yang meninggal dalam perjalanan karena mobil yang ia tumpangi tak diberi jalan oleh pengendara lain. Peristiwa ini direkam video hingga viral di media sosial.

Rekaman video viral menunjukkan suasana lalu lintas yang padat di lajur kanan. Suara pria diduga sopir mobil mengatakan kepadatan lalu lintas tersebut terjadi di Jalan Urip Sumohardjo, Makassar.

Pria diduga sebagai sopir mobil itu kemudian mengaku tidak diberi jalan oleh pengendara lain menyebabkan seorang pasien di atas mobil meninggal dunia karena terlambat diberi penanganan medis.

"Pasien saya meninggal di atas mobil, pengantaran dari (Jalan) Talasalapang menuju RS Daya. Meninggal di (Jalan) Urip karena tidak ada yang membukakan jalan," kata pria dalam video viral seperti dilihat detikcom, Minggu (16/1) malam.

Simak Video 'Pasien Anak di Makassar Meninggal di Ambulans Karena Tak Diberi Jalan':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)