Bamsoet Sindir Prasetio Edi Saat Gelaran Street Race, Singgung Formula E

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 18:53 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) hadir di gelaran street race, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) hadir di gelaran street race, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022). (Foto: Muhammad Hanafi Aryan/detikcom)
Jakarta -

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyindir Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi terkait penyelenggaraan ajang balap internasional Formula E di Ancol, Jakarta Utara. Dia melontarkan kalimat bernada sindiran itu dalam sambutannya pada pergelaran street race yang diadakan oleh Polda Metro Jaya.

"Sahabat saya, Pak Pras Ketua IMI (Ikatan Motor Indonesia) tertunda, Ketua DPRD DKI Jakarta yang mudah-mudahan nanti tidak keberatan kalau Formula E ada di Ancol ini," kata Bamsoet saat memberi sambutan gelaran street race Polda Metro Jaya di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).

Terkait penyelenggaraan street race, Bamsoet menyebut setidaknya ada 39 titik rawan balap liar di DKI Jakarta. Lantas, menurut dia, ajang balap liar ini juga perlu diadakan di daerah lain.

"Setidaknya di wilayah hukum DKI ada 39 titik rawan balap liar. Tadi Pak Kapolda sudah menyampaikan, tidak hanya di Ancol, tapi di titik kota penyangga tempat sirkuit street race, seperti di BSD dan Bekasi," ucapnya.

Bamsoet menuturkan kegiatan ini merupakan tugas dari IMI dan Polda Metro Jaya dalam menjaring bibit pembalap liar.

"Jadi tugas kita ini Polda Metro terutama Pak Kapolda menemukan bibit dari pada saudara-saudara, bikers-bikers, para pembalap kalau nanti kalian menemukan jiwa di sini, teruskan, lanjutkan," kata dia.

Bamsoet menilai pentingnya menyalurkan hobi para pembalap liar tersebut ke dalam hal yang positif. Pasalnya, kata dia, tak sedikit korban jiwa akibat kegiatan balap liar.

"Betapa dahsyatnya kalau pembalap liar ini tidak diarahkan ke hal yang positif. Kita lihat tadi berbagai kecelakaan tidak sedikit juga meregang nyawa anak-anak kita hanya satu kata keren," ujarnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya menggagas ajang Street Race Polda Metro Jaya atau balap liar legal pada Minggu (16/1) di Ancol, Jakarta Utara. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo menyebut ada sekitar 350 motor dan 1300 penonton berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"350 itu motornya. Kalau sama mekanik, banyak banget. Ini slot untuk penonton 1.300 aja tadi siang sudah habis," kata Sambodo kepada wartawan di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).

Perwakilan panitia street race, AKP Rudi Wiransyah, menuturkan balap liar legal ini akan dilombakan dalam 8 kelas motor yang berbeda dengan sistem satu lawan satu atau head-to-head.

"Delapan kelas, Bebek 2 tak, bebek 4 tak, matic 4 tak, sport, sunmori, 2 tak 4 tak, kemudian vespa 2 tak, free for all, seperti itu," kata AKP Rudi Wiransyah.

Simak Video 'Polda Metro Jaya Juga Siapkan Road Race, Tapi Tunggu Lintasannya':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/dhn)