Viral Pemotor Kawal Ambulans Ditilang di Makassar, Ini Penjelasan Polisi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 18:23 WIB
Ilustrasi ambulans.
Foto: Istock
Makassar -

Viral di media sosial pengendara motor di kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) ditilang polisi saat mengawal mobil ambulans. Polisi memastikan ambulans yang dikawal itu sedang kosong alias tak ada orang sakit di dalamnya.

Dalam informasi beredar, disebutkan pengendara motor berinisial A itu protes ditilang polisi hanya karena mengawal mobil ambulans pada Jumat (14/1). Dia juga menegaskan mengawal ambulans karena keluarga di dalam ambulans meminta tolong untuk dikawal karena kondisi darurat.

Namun polisi memberikan penjelasan berbeda. Ambulans yang dikawal itu sedang kosong alias tak ada penumpang di dalamnya.

"Jadi anggota kita ini sedang di SPBU, terus dia mau ke Tol. Setelah itu dia melihat ada ambulans keluar kemudian dikawal oleh pengawal liar ini. Kemudian personel tadi sesuai perintah kemarin apabila menemukan kendaraan ambulans untuk langsung mengawal," kata Kabag Bin Opsnal Ditlantas Polda Sulsel AKBP Zulanda saat dimintai konfirmasi, Minggu (16/1/2022).

"Nah anggota ini mau ambil alih. Pada saat anggota ambil alih si sopir ngasi tahu pada saat itu dia tidak membawa pasien, kosong, ambulans kosong," sambung Zulanda.

Dilanjutkan Zulanda, pria berinisial A merupakan pengawal ambulans liar karena tak melakukan koordinasi dengan sopir ambulans. Alhasil polisi di lapangan meminta A untuk menepikan kendaraannya.

"Terus kemudian ditanya SIM STNK ternyata tidak ada SIM STNK maka dibawa ke kantor, motornya ditahan," kata Zulanda.

Zulanda menegaskan aksi A berbahaya dan tidak dibenarkan. Dia memastikan polisi punya hak melakukan penindakan.

"Jadi sistem pengawalan liar ini dia inisiatif sendiri, tapi dalam prosesnya berbahaya karena dia main salip kanan main salip kiri. Kemarin kan ada juga masyarakat yang apresiasi tapi banyak juga yang resah. Ya mereka tidak ada tanggungjawab karena tidak ada koordinasi," pungkas Zulanda.

Simak juga 'Ketahuan! Dua Pria Ini Curi Spion Ambulans di Tanjung Priok':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/dhn)