Menkes Budi: 500 Lebih Pasien Omicron Dirawat di RS, 300 Sudah Pulang

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 18:15 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin hadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR. Raker itu membahas pengeluaran pemerintah terkait belanja di sektor kesehatan
Budi Gunadi Sadikin (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut sudah lebih dari 500 orang terkena Corona varian Omicron yang dirawat di rumah sakit (RS). Sebagian besar sudah sembuh dan pulang.

"Sampai sekarang sudah lebih dari 500 orang yang terkena Omicron yang dirawat di rumah sakit," kata Menkes Budi saat jumpa pers virtual, Minggu (16/1/2021).

Sekitar 300 pasien Omicron sudah sembuh dan dipulangkan. Sebagian kecil pasien menggunakan alat bantu oksigen untuk pernapasan.

"Yang pulang sudah 300-an, yang butuh oksigen hanya 3, dan itu pun masuk kategori ringan, jadi tidak perlu sampai ventilator, masih oksigen biasa yang dipasang di mulut tidak dimasukin ke dalam," ujar Menkes Budi.

Pasien Omicron yang dirawat menggunakan oksigen pun sebagian besar sudah sembuh dan pulang. Menkes Budi mengingatkan beberapa minggu ke depan akan terjadi kenaikan kasus Corona, masyarakat diminta tetap tenang.

"Dari 3 orang yang diberikan oksigen, 2 di antaranya sudah sembuh dan sudah pulang," imbuhnya.

Simak Video 'Amukan Varian Omicron Diprediksi Terjadi Pada Februari-Maret':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/dhn)