Ragam Tanggapan Warga Jakarta soal Tim Patroli Presisi Polda Metro

Dwi Rahmawati, Mulia Budi - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 15:54 WIB
Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya dibekali dengan kemampuan teknis hingga taktis dalam melaksanakan tugas. Ini dia salah satu aksi tim patroli.
Tim patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Tim patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya dibentuk untuk memberi keamanan kepada warga DKI Jakarta. Sejumlah warga DKI merespons kehadiran tim patroli yang diresmikan langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu.

Seorang warga dari Cawang, Jakarta Timur (Jaktim), Ayu (25), mengatakan kejahatan di malam hari akan berkurang dengan hadirnya tim patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya. Ayu menyebut tim patroli bisa bekerja sama dengan warga setempat untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Kalau menurut aku bagus saja ya selama untuk menjaga keamanan. Karena ya kita tahu sih namanya sekarang kan kejahatan marak banget, pencurian, dan segala macam karena temanku juga banyak malam gitu kayak kehilangan motor, kemarin bahkan," ujar Ayu saat ditemui, Minggu (16/1/2022).

"Jadi kalau memang ada, kenapa nggak dan itu bisa kerjasama sama mungkin kayak di RT-RW. Harapan aku sih kalau memang ada ya terus dilanjutin sih biar makin aman karena kalau aman itu kan pasti nyaman juga," sambungnya.

Warga lainnya, Rakhmat (50) juga menilai positif adanya tim tersebut. Mereka berharap kejahatan dapat berkurang sehingga tercipta rasa aman.

"Semoga timnya bisa bekerja benar-benarlah, ya baguslah buat ngurangi kejahatan, di Jakarta banyak nggak cuma Jakarta sih, daerah-daerah lain juga banyak," ucap Rakhmat.

Tidak hanya mereka, warga lain, Nisa (19) dan Menthi (24), juga menaruh harapan pada tim patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya. Tim ini diharapkan dapat membuat para penjahat ketakutan untuk melancarkan aksinya.

"Bagus sih untuk menjaga warga sekitar, bagus. Kalau misalkan niatnya baik semoga ya lancar semuanya, ya jadi gitu loh pembentukan pelaksanaannya lancar," kata Nisa.

"Kalau mereka buat tim itu ya bagus ya, karena kejahatan memang banyak malam ya, kayak begal gitu ya bagus ada tim begitu. Harapannya semoga dengan dibentuknya tim itu kejahatannya berkurang, mereka lebih takut sama karena adanya tim itu," timpal Menthi.

Warga lain bernama Dede Kosasih (23) setuju dengan pembentukan tim patroli. Dede mengatakan banyak kasus yang meresahkan yang perlu diberantas.

"Wah bagus banget, apalagi kalau ada penambahan personel dan patroli malam. Soalnya makin hari makin meresahkan saja. Kayak kasus kemarin di daerah SMP 258 tuh ada anak SMA bawa sajam. Kalau jadi tidak per wilayah lagi tapi tersebar merata patrolinya mah bagus daerah-daerah rawan," kata Dede.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...