Polda Metro Bentuk Tim Patroli Presisi agar Warga Tidur Nyenyak

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 11:19 WIB
Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya dibekali dengan kemampuan teknis hingga taktis dalam melaksanakan tugas. Ini dia salah satu aksi tim patroli.
Tim patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Tim patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya dibentuk kepolisian dan diresmikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Anggota tim patroli ini bakal tampil humanis, tapi tetap tegas demi menciptakan keamanan di DKI Jakarta.

Tim patroli Perintis Polda Metro Jaya bermula dari tuntutan masyarakat terkait keamanan di malam hari supaya mereka bisa tidur dengan nyenyak. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran lantas membentuk tim khusus yang dinamakan Dream Team.

"Banyak masukan melalui media sosial untuk mengantisipasi kejahatan pada malam hari. Saya berencana akan membuat sebuah 'dream team' yang akan melahirkan heroes-heroes baru untuk mengawal masyarakat supaya boboknya tenang," kata Fadil Imran di sela-sela pembukaan 'Kapolda Cup 2021' di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (30/10/2021).

Fadil menjelaskan Dream Team ini merupakan gabungan dari tim-tim patroli yang ada di semua polres jajaran Polda Metro Jaya. Tim yang dibentuk dari Satuan Sabhara ini akan dilatih sehingga memiliki kemampuan yang seragam.

"Ya nanti akan kita satukan, kita akan seragamkan, tapi quality control kita bangun bersama. Alatnya, skill-nya, pengetahuannya kita seragamkan," ucapnya.

"Kemampuannya saya latih, kemampuan mengemudi, kemampuan pengetahuan tentang HAM, kemampuan tentang komunikasi, kemampuan tentang kejahatan dan bagaimana transformasi Polri yang diharapkan pimpinan," sambung Fadil.

Fadil berharap Dream Team itu bisa menjadi 'kelelawar' pada malam hari. Tim patroli ini akan bekerja dari malam hingga pagi hari.

Lebih lanjut, Fadil mengatakan pihaknya akan melatih anggota Sabhara ini agar dalam pelaksanaan penindakannya tidak melanggar SOP, hingga pengetahuan tentang HAM. Sehingga, kata Fadil, dirinya tidak khawatir anggota patroli melakukan kesalahan saat bertugas.

Tim ini juga nantinya akan diberi pelatihan agar memahami undang-undang yang melekat kepada dirinya.

"Demikian juga dia memahami undang-undang yang melekat pada dirinya. Menggeledah orang, memeriksa orang yang namanya tertangkap tangan dan sebagainya. Ini semua harus kita latih dan kita siapkan," katanya.

Fadil mengatakan tim ini akan menjadi wajah baru Polda Metro Jaya di malam hari. Fadil memastikan dengan adanya tim 'kelelawar' ini, tidak ada tempat untuk penjahat bersembunyi.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Saksikan Video 'Ratusan Joki Balap Liar Mulai Berdatangan di Street Race Ancol':

[Gambas:Video 20detik]