Inspirasi

Cleaning Service Jujur Tak Ambil Emas di Toilet Kualanamu: Itu Bola Panas!

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 13:23 WIB
Dewi Lestari, cleaning service jujur di Bandara Kualanamu. (Dok Angkasa Pura II)
Dewi Lestari, petugas cleaning service jujur di Bandara Kualanamu. (Dok Angkasa Pura II)
Medan -

Sikap jujur petugas cleaning service di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, Dewi Lestari (30), mengembalikan emas yang ditemukannya di toilet menuai simpati dan apresiasi. Apa alasan Dewi mengembalikan emas itu?

"Memang SOP kami seperti itu, setiap barang yang tinggal apapun jenisnya nggak boleh kami tahan. Harus langsung diberikan ke pihak Avsec, kan SOP-nya seperti itu," kata Dewi kepada wartawan, Minggu (16/1/2022).

Dewi mengatakan dirinya tidak mengambil emas itu karena khawatir akan menjadi masalah bagi dirinya. Dia juga mengaku takut harus menanggung malu jika mengambil emas itu. Emas itu bak bola panas yang tidak boleh dipegang terlalu lama karena berisiko membakar tangan si pemegang.

"Kalaupun saya ambil, itu bola panas. Saya kerja nggak sehari-dua hari. Kalau saya ambil, orangnya nyariin, saya ambil saya pasti kehilangan pekerjaan. Terus malu juga kan," ucapnya.

Dewi mengatakan dirinya sudah sering menemukan barang yang tertinggal di toilet bandara. Barang-barang itu pasti dikembalikan.

"Udah sering sih (menemukan barang), namanya toilet. Orang banyak. Setiap penemuan langsung diberikan ke Avsec," tuturnya.

Dewi memastikan akan tetap mengembalikan emas yang didapatnya meski mengetahui jumlah emas itu seberat 97 gram.

"Iya tetaplah," jelasnya.

Seperti diketahui, Dewi menemukan 97 gram emas di atas kotak tisu yang berada di toilet kamar mandi pada Senin (4/1) yang lalu. Dewi, yang menemukan itu, langsung menyerahkannya kepada pihak sekuriti bandara.

"Betul (Dewi temukan 97 gram emas) di toilet wanita area waiting room pada Selasa (4/1)," kata Asisten Manager Humas PT Angkasa Pura II (Persero) Kualanamu Novita Maria Sari saat dikonfirmasi, Senin (10/1).

(dnu/dnu)