Inspirasi

Kabar Kejujuran Cleaning Service Mengangkasa dari Dua Bandara

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 11:28 WIB
Dua cleaning service jujur dari dua bandara berbeda, Halimah dari Bandara Soetta (kiri) dan Dewi Lestari dari Bandara Kualanamu (kanan). (Dok Istimewa)
Dua cleaning service jujur dari dua bandara berbeda, Halimah dari Bandara Soetta (kiri) dan Dewi Lestari dari Bandara Kualanamu (kanan). (Dok Istimewa)
Jakarta -

Bandara menjadi tempat orang berlalu-lalang, kadang juga tergesa-gesa. Barang berharga kerap tercecer, mulai dari cek miliaran sampai emas. Untung saja, ada kejujuran yang dipegang teguh di bandara sehingga barang berharga yang tercecer dari tuan dan nyonya sekalian tetap aman. Kabar kejujuran dari dua bandara ini mengangkasa.

Dua orang pekerja di Bandara ini bukanlah pejabat kelas atas. Namun, kejujuran mereka jelas kelas atas. Berikut adalah kabar inspiratif mengenai kejujuran dari dua bandara yang tersiar ke publik dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

Halimah

Dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, ada petugas kebersihan (cleaning service) bernama Halimah. Kejujurannya dia praktikan tatkala menemukan cek Rp 35,9 miliar pada 29 Oktober 2021, pukul 10.00 WIB.

Dia melihat ada dompet tertinggal di bangku. Ternyata isinya cek Rp 35,9 miliar. Dia kaget meski tak memiliki niat untuk mengambil harta yang bukan haknya. Dia kemudian menyerahkan cek itu ke pihak keamanan.

"Ya itu kan sudah jadi akhlak ya, kejujuran. Sekecil apa pun barang bernilai yang barang kita temukan, kalau bukan hak milik kita, kita harus kembalikan kepada yang berhak memilikinya atau lapor ke sekuriti," kata Halimah.

Halimah, cleaning service Bandara Soekarno-Hatta yang menemukan cek Rp 35,9 miliar milik penumpangHalimah, cleaning service Bandara Soekarno-Hatta yang menemukan cek Rp 35,9 miliar milik penumpang Foto: (dok.istimewa)

PT Angkasa Pura Mandiri (APS) tempatnya bekerja kemudian menjadikan Halimah sebagai duta amanah. Dia juga dipromosikan jabatannya dari PT Angkasa Pura Solusi, sebelumnya menjadi team leader kini menjadi supervisor.

Simak juga 'Kisah Pedagang Asongan Difabel, Berkilau di Lintasan Renang':

[Gambas:Video 20detik]