Hitamnya Hitam

Smith Soapy, Legenda Penipuan Lotere Sabun

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 09:44 WIB
ilustrasi sabun
Foto Ilustrasi Sabun (iStock)
Jakarta -

Smith Soapy adalah penipu legendaris yang berhasil menipu korbannya dengan undian lotere sabun. Ia berhasil menipu masyarakat dengan modus sabun berhadiah uang.

Dikutip dari majalah Wild West, Smith, yang punya nama asli Jefferson Randolph Smith, lahir pada 2 November 1860 di Newnan Coweta County, Georgia, Amerika Serikat. Ayahnya berprofesi sebagai pengacara.

Ia kemudian diajak pindah oleh ayahnya ke Round Rock, Texas, pada 1876. Di sanalah Smith memulai bekerja sebagai pedagang. Namun, profesi jujurnya ini adalah yang pertama dan terakhir. Setelah itu, ia menjadi penipu.

Setelah menjadi pedagang, ia pergi ke kota untuk menjadi koboi. Alih-alih menjadi koboi, dia justru tersesat di meja judi. Ia selalu menang tiap kali bermain judi kartu. Kemampuan judinya seolah-olah bukan kebetulan.

Selanjutnya, pada 1883, Smith mendapatkan untung besar dengan menjual sabun ke penambang di seluruh Colorado. Kok bisa?

Hal ini karena Smith mempraktikkan teknik penjualan dengan tipu-tipu lotere. Smith awalnya menjual sabun seharga USD 5. Smith mengatakan kepada para calon pembelinya bahwa dalam sabun yang sudah dibungkus itu ada uang USD 20-50.

Hal ini dibuktikan dengan seorang pembeli yang mendapat USD 50, yang sebenarnya adalah teman Smith sendiri. Orang pun langsung berbondong-bondong membeli sabun yang dijual Smith. Berkat aksi tipu-tipunya ini, ia dijuluki 'Smith Soapy'.

Simak juga 'Polisi Ringkus Calo Tenaga Kerja Kontrak di Pemkot Bekasi':

[Gambas:Video 20detik]