Akhir Polisi 'Cueki' Laporan Ojol Berujung Hukuman Demosi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 15 Jan 2022 08:30 WIB
Charly (38), driver ojol yang kehilangan motor di Cileungsi, Bogor
Charly (38), driver ojol yang kehilangan motor di Cileungsi, Bogor (Tangkapan layar video/Dok. Polres Bogor)
Jakarta -

Seorang polisi di Polsek Cileungsi, Kabupaten Bogor, berinisial Aipda AS dihukum demosi atau penurunan jabatan. Hukuman itu diberikan karena AS diduga 'cuek' terhadap laporan driver ojek online (ojol) bernama Charly, yang kehilangan motor.


Awal Mula Peristiwa


Kasus bermula saat Charly, yang membuat surat laporan kehilangan, cekcok dengan polisi di Polsek Cileungsi. Charly menjelaskan kronologi keributan tersebut.

Setelah motornya hilang, dia mulanya melapor ke Polsek Klapanunggal untuk membuat laporan kehilangan pada Senin (10/1). Namun dia diarahkan untuk melapor ke Polsek Cileungsi lantaran kejadiannya berada di wilayah Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

"Pada saat itu saya langsung ke polsek dekat rumah, Polsek Klapanunggal. Saya sampaikan kepentingan mengurus surat kehilangan kendaraan bermotor. Pihak kepolisian bertanya di mana kejadiannya. Saya bilang di Jalan Setu. Kalau Jalan Setu, sudah masuk ranah Polsek Cileungsi," ujar Charly saat dihubungi detikcom, Rabu (12/1).


Setiba di Polsek Cileungsi, Charly tidak bisa mengurus surat laporan kehilangan sepeda motor lantaran terkendala administrasi. Korban memerlukan KTP dan SIM untuk bisa membuat laporan kehilangan motor.

Sayangnya, KTP dan SIM korban juga hilang. Pasalnya, KTP dan SIM korban berada di bagasi motor yang dicuri. Charly memutuskan mengurus surat kehilangan SIM dan KTP terlebih dahulu karena khawatir data dirinya disalahgunakan orang lain.

Saat hendak membuat surat laporan kehilangan KTP dan SIM, dia mengaku sempat dilewati oleh dua orang pelapor lainnya. Charly juga mengaku melihat salah satu pelapor mengeluarkan uang dari sakunya.

Charly mulai merasa kesal lantaran dilewati orang tersebut. Saat hendak dilewati oleh pelapor ketiga, Charly mulai berani angkat suara.

"Pak, tolong dong, Pak, berkas saya diurus dulu. Saya mau ke GraPARI, mau aktifin nomor saya, Pak. Biar saya bisa kembali bekerja," ujar Charly kepada oknum petugas.

Pelapor ketiga tersebut kembali duduk ke tempat semula. Pada saat itulah Charly mengeluarkan kalimat yang dia anggap membuat polisi tersinggung.

"Terus keluarlah kata-kata saya, 'Jangan karena saya nggak punya uang, Pak, dilewat-lewati terus'," ujar Charly.

Polisi tersebut sontak menggebrak meja sambil berucap 'ngomong apa kamu?'. Charly, yang melihat itu, langsung meminta maaf kepada petugas.

Simak Video: Nasib Anggota Polsek Cileungsi yang Tolak Laporan Ojol

[Gambas:Video 20detik]