Penjelasan Polda Jabar soal Petugas 'Cueki' Laporan Ojol Hilang Motor

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 18:21 WIB
Charly (38), driver ojol yang kehilangan motor di Cileungsi, Bogor
Foto: Charly (38), driver ojol yang kehilangan motor di Cileungsi, Bogor (Tangkapan layar video/Dok. Polres Bogor)
Bandung -

Polda Jawa Barat menjelaskan terkait kasus laporan ojol yang 'dicueki' anggota Polsek Cileungsi berinisial Aipda AS. Polisi menyebut ada kesalahpahaman saat peristiwa itu berlangsung.

"Ada kejadian di Polsek Cileungsi, ada pelapor datang ke Polsek Cileungsi untuk melaporkan kehilangan motornya," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (13/1/2022).

Ibrahim mengatakan saat itu ojol bernama Charly (38) diterima oleh petugas. Namun di saat yang bersamaan, petugas sedang melayani masyarakat yang lain.

"Pada saat itu ada beberapa komunikasi yang missed, antara masyarakat yang datang melapor tersebut kepada petugas S (AS). Sehingga timbul suasana yang tidak kondusif," kata Ibrahim.

Menurut Ibrahim, saat itu pelapor merasa tidak puas. Charly kemudian meninggalkan Polsek dan mengangkat kasus ini media sosial hingga viral.

"Kapolres (Bogor) dan Kapolsek (Cileungsi) sendiri melakukan pengecekan terhadap situasi yang terjadi. Di mana memang betul ditemukan adanya fakta bahwa yang bersangkutan memang pelayanan yang dilakukan saudara S kurang sesuai dengan standar yang ada, sehingga diambil tindakan," katanya.

Polisi juga langsung mencari Charly saat itu. Polisi melakukan klarifikasi dan memberikan pelayanan kepada Charly.

"Alhamdulillah sudah dilakukan pelayanan kepada pihak pelapor dengan menerima laporannya, memfasilitasi membuat surat kehilangan tersebut dan memfasilitasi membuka komunikasi dengan pihak leasing," kata Ibrahim.

Sementara itu, Ibrahim juga memastikan Aipda AS tengah menjalani pemeriksaan. Ia pun memastikan, kepolisian akan memberi sanksi terhadap anggota Polsek Cileungsi Bogor Aipda AS yang 'cueki' laporan ojol kehilangan motor bila terbukti bersalah.

Sebelumnya, pengemudi ojol bernama Charly sempat cekcok dengan oknum Polsek Cileungsi saat membuat surat laporan kehilangan. Charly menjelaskan kronologi keributan tersebut.

Setelah motornya hilang, dia mulanya melapor ke Polsek Klapanunggal untuk membuat laporan kehilangan pada Senin (10/1). Namun dia diarahkan untuk melapor ke Polsek Cileungsi lantaran kejadiannya berada di wilayah Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

"Pada saat itu saya langsung ke Polsek dekat rumah, Polsek Klapanunggal. Saya sampaikan kepentingan mengurus surat kehilangan kendaraan bermotor, pihak kepolisian bertanya di mana kejadiannya. Saya bilang di Jalan Setu. Kalau Jalan Setu sudah masuk ranah Polsek Cileungsi," ujar Charly saat dihubungi detikcom, Rabu (12/1).

(yum/bbn)