Waketum PKB Ragu Koalisi Golkar-PD-PKS Terwujud: Apalagi Dalam Waktu Dekat

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 15 Jan 2022 05:51 WIB
Waketum PKB Jazilul Fawaid.
Jazilul Fawaid. (Dok: Istimewa)
Jakarta -

Elite PKB Jazilul Fawaid turut merespons soal potensi lahirnya koalisi nasionalis-religius, yakni Golkar-Partai Demokrat (PD)-PKS, di Pilpres 2024. Bahkan, Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB itu tak yakin koalisi Golkar-PD-PKS bisa terwujud dalam waktu dekat.

"Silakan, itu sah-sah saja dan terbuka kemungkinannya (koalisi nasionalis-religius)," kata Waketum PKB, Jaizulul Fawaid kepada wartawan, Jumat (14/1/2022).

"Namun, kok saya pesimis bisa terwujud, apalagi dalam waktu dekat saya nggak kebayang," imbuhnya.

Namun demikian, Jazilul meyakini belum ada keniscayaan soal peta koalisi 2024. Namanya politik, sebut dia, dinamikanya tidak bisa ditebak.

"Pastinya 2024 peta koalisi akan berubah seiring dinamika politik dan tantangan zamannya," imbuhnya.

PKS sebelumnya membuka peluang membangun koalisi dengan poros nasionalis-religius di Pilpres 2024 nanti. Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan Golkar pasti akan membuka komunikasi dengan semua partai.

"Oleh karena itu, bagi Partai Golkar, membuka komunikasi dengan partai mana pun tentu sebagai bagian dari langkah politik untuk menyamakan persepsi dan kemungkinan penjajakan membangun agenda bersama terkait masalah kebangsaan," kata Ace kepada wartawan, Jumat (14/1).

Ace mengapresiasi langkah PKS yang membuka peluang koalisi dengan poros nasionalis dan religius. Menurutnya, langkah itu bentuk penjajakan untuk menyamakan persepsi antarpartai.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Lihat juga Video: Menakar Langkah Anies Baswedan di Pilpres 2024

[Gambas:Video 20detik]