Duh! 110 Bollard di Jakpus Raib Dicuri Sejak 2021, Ini Lho Fungsinya

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 20:19 WIB
Polisi menangkap pelaku pencurian tiang pembatas trotoar di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat (Anggi Muliasari/detikcom)
Polisi menangkap pelaku pencurian tiang pembatas trotoar di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. (Anggi Muliasari/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengungkap kasus pencurian tiang pembatas trotoar (bollard) di Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus). Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakpus melaporkan ada 110 bollard yang telah hilang.

"Sekitar 110 bollard (yang hilang)," kata Kasudin Bina Marga Jakpus, Agustio, Jumat (14/1/2022).

Dia mengatakan bollard yang hilang akan dipasang kembali. Agustio mengatakan bollard dipasang di trotoar demi kenyamanan pejalan kaki (pedestrian).

Untuk diketahui, pemasangan bollard ini punya fungsinya. Bollard dipasang untuk mencegah sepeda motor ataupun mobil naik ke trotoar.

"Tiang pembatas diperlukan untuk memberi kenyamanan pejalan kaki pengguna trotoar," ucapnya.

Sebanyak 110 bollard yang hilang di Jakpus tersebut dihitung sejak 2021 hingga Januari 2022. Agustio mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga DKI Jakarta hingga kepolisian.

"Sudin Bina Marga telah membuat laporan ke Dinas Bina Marga sebagai pemilik aset dan telah dilaporkan ke Polres Jakarta Pusat," kata dia.

Pencuri Bollard Ditangkap

Diberitakan sebelumnya, polisi menangkap pencuri tiang pembatas trotoar (bollard) di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakpus. Pelaku merupakan warga Kelurahan Utan Kayu.

"Saat kami melakukan patroli, kami menemukan satu orang tersangka yaitu atas nama David (34) warga Kelurahan Utan Kayu, Matraman, Jakarta Timur," ujar Kanit Reskrim Polsek Metro Menteng Kompol Alvin Pratama, Senin (10/1)

David ditangkap pada Sabtu (8/1). Dari tangan David, disita 4 batang besi trotoar yang telah dicurinya.

Pelaku ditangkap pada saat akan memasukkan batang trotoar ke dalam bajaj. Saat itu polisi tengah melakukan patroli dan menemukan seseorang yang mencurigakan.

Polisi mengatakan pelaku merupakan seorang pengangguran. Diduga David mencuri tiang pembatas trotoar demi kebutuhan ekonomi.

Akibat perbuatannya, David disangkakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan terancam hukuman 5 tahun penjara.

Sementara itu, sempat juga beredar sejumlah orang yang dipergoki saat diduga mencuri bollard. Polisi masih menyelidiki keterkaitan pihak dalam video viral dengan David.

"Pelaku berbeda dengan yang di video beredar itu, polisi masih melakukan pencarian yang ada di video, masih patroli, masih kita dalami, apakah terkait dengan yang di video viral itu, apa mungkin mereka saling kenal," ujarnya.

Simak juga 'Ketahuan! Dua Pria Ini Curi Spion Ambulans di Tanjung Priok':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/mei)