detikcom Do Your Magic: Lubang Celakakan Pengendara, Kapan Jl Rasuna Said Diperbaiki?

Rifqi Mahdi Rizqullah - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 17:38 WIB
Kondisi jalan rusak di Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (14/1/2022).
Foto: Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom
Jakarta -

Jalan rusak masih menjadi pemandangan Jl HR Rasuna Said di depan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Setiabudi hingga Halte TransJakarta Setiabudi Utara. Warga mempertanyakan waktu perbaikan jalan rusak tersebut.

"Saya berharap semoga saja bulan ini atau bulan depan. Semoga dipercepatlah intinya," kata salah seorang warga sekitar, Hamzah (21), kepada detikcom, Jumat (14/1/2022) sore.

Hamzah menceritakan dirinya korban jalan rusak di Rasuna Said. Dia tidak bisa melihat lubang jalan karena kondisi penerangan yang kurang.

"Saya itu korban yang sering kena lubang di Jalan Rasuna Said dan sekitarnya. Itu hampir setiap hari bahkan. Semoga saja diperbanyak juga lampu penerangan jalannya," tambah Hamzah.

Kemudian Zidan (28) merasakan kerusakan di Jl Rasuna Said sudah hampir setahun. Dia khawatir jalan yang tidak diperbaiki akan membahayakan pengguna jalan.

"Ini juga sudah lama juga, udah sekitar setahun atau dua tahun. Saya sih sebagai pengguna sepeda atau bicycle sangat prihatin juga untuk jalan ini karena banyak risiko juga sebagai pengguna jalan," ucapnya.

Kondisi jalan rusak di Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (14/1/2022).Kondisi jalan rusak di Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (14/1/2022). (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)

Saat bersepeda, Zidan sering terpeleset akibat lubang jalan. Dia pun mengeluhkan soal kurangnya penerangan jalan.

"Jatuh nggak, kepeleset iya, karena ada lubang-lubang. Di malam hari seringnya, karena penerangan jalan juga nggak ada di sini," katanya.

"Saya biasanya dari Mampang Prapatan arah Thamrin," katanya.

Diketahui, perbaikan menyeluruh Jl HR Rasuna Said belum bisa segera dilaksanakan dalam waktu dekat lantaran proyek pengerjaan Light Rail Transit (LRT) belum selesai. Dinas Bina Marga DKI akan melakukan penanganan yang bersifat sementara saja.

"Nanti kalau pekerjaan LRT sudah selesai, baru kita perbaiki secara permanen," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho kepada detikcom, Selasa (11/1/2022).

Berdasarkan pantauan di lapangan, kerusakan Jl HR Rasuna Said kini berupa lubang-lubang yang mengganggu laju kendaraan, baik roda dua maupun mobil. Kerusakan ini muncul lagi setelah pada Desember 2021 sempat dilakukan perbaikan berupa penambalan aspal.

"Ya nanti akan diperbaiki lagi dengan pelaksana pekerjaan LRT. Pekerjaan LRT masih dalam tahap konstruksi sehingga perbaikan jalan nanti akan bersifat sementara," kata Hari Nugroho.

(aik/aik)