Damkar Evakuasi Buaya Muara 2,5 Meter dari Kandang Prabowo Warga Jaktim

Dwi Rahmawati - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 16:00 WIB
Buaya muara ukuran 2,5 meter dievakuasi dari kandang warga
Buaya muara ukuran 2,5 meter dievakuasi dari kandang warga. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Petugas Damkar Jakarta Timur mengevakuasi buaya dengan panjang 2,5 meter di Kompleks Dolog Jaya, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Buaya tersebut dievakuasi dari kandang milik pelapor, Prabowo Sunirma.

Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan proses evakuasi ini dilakukan pagi tadi sekitar pukul 09.45 WIB. Menurutnya, saat ini buaya tersebut telah dievakuasi ke PPS Tegal Alur.

"Iya benar, (dievakuasi) PPS Tegal Alur," pungkas Gatot ketika dimintai konfirmasi, Jumat (14/1/2022).

Dia menyebut buaya betina tersebut tengah berada di kandang milik warga saat evakuasi. Proses evakuasi pun memakan waktu sekitar 15 menit.

"Posisi di kandang, akhir evakuasi pukul 10.00 WIB, situasi aman terkendali," ucapnya.

Sebelumnya, Pemadam DKI Jakarta mengunggah video petugas yang mengevakuasi buaya di Kompleks Dolog Jaya, Duren Sawit.

Dikatakan buaya yang dipindahkan berada pada kandang milik pelapor. Pelapor disebut kesulitan untuk mengevakuasinya ke tempat penampungan sehingga putuskan untuk menghubungi Damkar setempat.

"Buaya yang di evakuasi berada pada kandang milik pelapor. Menurut pelapor, buaya tersebut ingin dipindahkan ke tempat penampungan karena kesulitan maka pelapor menghubungi Petugas #DamkarDKI untuk meminta bantuan," tulis akun Pemadam DKI Jakarta di Twitter, Jumat (14/1/2022).

Namun Gatot Sulaeman belum menjelaskan apakah buaya tersebut merupakan peliharaan warga atau bukan ketika dimintai konfirmasi.

(maa/tor)