Buaya Muara di Kali Kupang Pekalongan Dievakuasi ke Penangkaran

Robby Bernardi - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 16:27 WIB
Warga Kelurahan Kuripan Kertoharjo berhasil menangkap seekor buaya muara yang kerap muncul di Kali Kupang, Pekalongan. Buaya itu sepanjang sekitar 2,5 meter.
Penampakan buaya 2,5 meter yang ditangkap di Pekalongan. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kota Pekalongan -

Buaya muara sepanjang 2,5 meter yang diamankan warga dari Kali Kupang, Kota Pekalongan akhirnya dievakuasi oleh petugas BKSDA Jawa Tengah. Rencananya buaya tersebut akan dibawa ke lokasi penangkaran atau lembaga konservasi.

"Kita akan evakuasi ke lokasi penangkaran atau lembaga konservasi. Ini jenis buaya muara yang dilihat panjangnya berumur antara tiga hingga lima tahun," ujar petugas BKSDA Jawa Tengah, Endi Suryo, saat ditemui detikcom di Mapolsek Pekalongan, Jumat (7/1/2022).

Endi menjelaskan meski habitatnya ada di muara, buaya bisa hidup berkelompok dan menjelajah hingga sampai ke sungai sepanjang ada sumber makanan di sana. Sedangkan di hulu Kali Kupang ini terdapat ayam yang bisa jadi santapan buaya-buaya tersebut.

Sebagai informasi, memang terdapat peternakan ayam di dekat Kali Kupang lokasi penemuan buaya muara tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolsek Pekalongan Selatan, Kompol Basuki, menambahkan buaya muara itu sudah mulai menampakkan diri sejak dua hingga tiga tahun belakang ini.

"Ya karena ada sebuah peternakan ayam, yang biasa membuang bangkai ayam ke sungai, sehingga buaya merasakan menemukan sumber makanan berlimpah," kata Basuki.

Polisi bersama Muspika Pekalongan Selatan, telah mengimbau pemilik peternakan agar tidak membuang bangkai ayam di sungai. Sehingga buaya muara bisa kembali ke habitatnya.

"Karena masih ada dua buaya dewasa dan seekor buaya yang serupa, yang kerap memperlihatkan diri," ucap Basuki.

Diberitakan sebelumnya, warga di Kelurahan Kertoharjo-Kuripan, Pekalongan Selatan, berhasil menjebak satu dari empat ekor buaya yang kerap muncul di Kali Kupang, kemarin sore. Warga menangkap buaya itu dengan perangkap dan umpan ayam.

(sip/rih)