Massa Demo Buruh Gelar Salat Jumat di Depan Gedung DPR RI

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 12:25 WIB
Massa buruh gelar salat Jumat di depan Gedung DPR
Massa buruh menggelar salat Jumat di depan gedung DPR. (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Massa dari berbagai serikat buruh menggelar demo di depan gedung DPR RI hari ini. Di sela aksi ribuan peserta itu, mereka menggelar salat Jumat di depan DPR.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 12.12 WIB, tampak massa aksi memenuhi ruas Jalan Gatot Subroto, depan gedung DPR, Senayan, Jakarta. Mereka tampak menggelar terpal dan sajadah di lokasi.

Mereka berwudu menggunakan air mineral yang saling dengan massa aksi lainnya.

Hingga saat ini, kondisi lalu lintas di lokasi demo tampak ramai lancar. Beberapa petugas kepolisian pun tampak di lokasi untuk mengatur lalu lintas dan mengamankan jalannya salat Jumat.

Sebelumnya, dalam jumpa pers di lokasi demo, Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, dalam demo kali, massa buruh menolak omnibus law UU Cipta Kerja.

"Tuntutan yang diajukan oleh partai buruh dan oleh organ serikat buruh dan serikat petani adalah, satu, menolak omnibus law UU Cipta Kerja," kata Said Iqbal, Jumat (14/1/2022).

Selain itu, pihak buruh membawa tuntutan lain, mulai meminta pemerintah mengesahkan RUU PPRT hingga meminta gubernur merevisi surat keputusan terkait upah minimum.

"Ada tiga isu lagi yang kami angkat, yaitu sahkan RUU PPRT. Kami meminta revisi UU KPK masuk ke dalam Prolegnas. Terakhir kami meminta gubernur merevisi SK gubernur tentang upah minimum," tambahnya.

(eva/eva)