Hujan Disertai Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang di Menteng Jakpus

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 23:30 WIB
Pohon tumbang di Menteng, Jakpus
Pohon tumbang di Jakpus (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Hujan disertai angin kencang mengakibatkan sebuah pohon tumbang di Jl Banyuwangi RW 05, Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat. Kejadian tersebut menghalangi arus lalu lintas.

Kasi Jalur Hijau Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus, Budi Hidayat mengatakan pohon tumbang akibat dari batang pohon yang tidak dapat menahan terpaan angin. Akibatnya aktivitas warga pun menjadi terganggu karena adanya pohon yang menghalangi jalan.

"Jenis pohon yang tumbang ini pohon ceri yang diameter batangnya 25 cm dan tinggi 6 cm," kata Budi dalam keterangannya, Rabu (12/1/2022).

Budi mengatakan saat kejadian kondisi jalanan tampak lengang, sehingga tidak menimbulkan korban atau kerugian akibat kendaraan yang rusak.

"Beruntung saat kejadian lalu lintas di sekitar lengang, sehingga pohon tumbang ini tidak sampai menimpa kendaraan yang melintas," katanya.

Lebih lanjut, Budi pohon tumbang juga terdapat empat pohon sempal di wilayah Kecamatan Menteng, yakni di Jl Banyumas dengan jenis pohon tanjung berdiameter batang 25 cm dan tinggi 7 meter. Kemudian di Jl Teuku Umar jenis pohon karet dengan diameter batang 40 cm dan tinggi 6 cm.

"Lalu di Jl Cikini, jenis pohon tabebuya dengan diameter batang 15 cm, dan tinggi 6 meter, terkahir di Jl Taman Masjid Sunda Kelapa, jenis pohon jati berdiameter batang 15 cm dan tinggi 8 meter," katanya.

Budi mengatakan dalam penanganan tersebut, pihaknya mengerahkan 20 personil PJLP, dengan bantuan PPSU dari kelurahan setempat, serta mengerahkan tiga armada truk guna pengangkutan batang pohon dan satu mobil crane.

"Semua pohon tumbang dan sampel ini sudah ditindaklanjut hingga malam hari ini," tuturnya.

(lir/lir)