Viral Gorong-gorong di Mangga Besar Jakpus Terbakar, Diduga Pipa Gas Bocor

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 23:17 WIB
Gorong-gorong di Jakpus terbakar, diduga pipa gas bocor
Foto: Gorong-gorong di Jakpus terbakar, diduga pipa gas bocor (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kebakaran gorong-gorong sempat terajdi di Jalan Raya Mangga Besar, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Kebakaran diduga akibat pipa gas bocor yang ada di lokasi.

Dilihat detikcom dari video yang viral tersebut, peristiwa terjadi Rabu (12/1/2022) sekitar pukul 21.12 WIB. Lokasi kejadian tepatnya berada di depan Rumah Sakit Lina Yanti.

"Gas bocor, di Mangga Besar," kata perekam video tersebut.

Sementara itu, Kasudin Gulkarmat Jakpus, Asril Rizal membenarkan peristiwa itu. Dia menyebut saat itu pihaknya mengerahkan sejumlah mobil damkar ke lokasi kebakaran.

"Pengerahan awal ada sebanyak 5 unit JP, 1 unit JB, 1 unit komando, lalu pada saat pengerahan akhir total 6 unit dengan 30 personil," kata Asril Rizal dalam keterangannya, Rabu (12/1/2022).

"Objek saluran pipa gas bawah tanah di dalam gorong-gorong dengan panjang 20 meter," sambungnya.

Asril Rizal mengatakan kebakaran dilaporkan terjadi pukul 21.15 WIB. Damkar pun tiba di lokasi sekitar pukul 21.20 WIB.

Menurutnya kronologis awalnya, saat pagi hari warga mencium adanya bau gas sehingga langsung melapor kepada petugas PGN. Kemudian pada malam hari, terjadi kebakaran lantaran pedagang ayam bakar di lokasi menyalakan kompor.

"Tiga orang sudah ke TKP tapi tidak ditindak dan tidak ada himbauan ke pedagang sekitar, pedagang yang berjualan ayam bakar menyalakan kompor lalu api menyambar gas dari pipa yang bocor," katanya.

Saat ini api sudah berhasil dipadamkan oleh pihak pemadam kebakaran. Sejauh ini tidak ada korban imbas peristiwa tersebut.

(maa/maa)