Koster Minta Warga Bali Tak Takut Vaksin Booster: Kita Butuh demi G20

Sui Suadnyana - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 20:43 WIB
Gubernur Bali Wayan Koster
Wayan Koster (Sui Suadnyana/detikcom)
Denpasar -

Gubernur Bali Wayan Koster meminta warga di Pulau Dewata tidak takut mengikuti vaksinasi booster. Menurut Koster, Bali sangat butuh vaksinasi booster demi keberhasilan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi The Group of Twenty (KTT G20).

"Kita sangat butuh di Bali booster ini karena tahun 2022 ada rangkaian pertemuan G20 di Provinsi Bali," kata Koster dalam pencanangan vaksinasi booster di DPRD Bali, Rabu (12/1/2022).

Menurut Koster, akan ada total 150 kali pertemuan dalam rangkaian KTT G20. Di mana 50 persen lebih pertemuan tersebut akan dilaksanakan di Provinsi Bali.

"Karena itu, Bali butuh suasana yang kondusif bagi jalannya pertemuan internasional yang akan dihadirkan oleh 39 negara yang tergabung dalam negara-negara G20," ungkap Koster.

Koster menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan kepada gubernur se-Indonesia untuk melaksanakan vaksinasi booster mulai hari ini, Rabu (12/1). Setelah mendapat instruksi, Koster langsung mengecek keberadaan vaksin ke Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Totalnya terdapat jumlah vaksin sebanyak 200 ribu lebih.

Karena itu, Koster meminta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali melakukan vaksinasi booster tersebut. Ia juga mengaku akan berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin supaya kebutuhan vaksin booster di Bali dipenuhi sesuai dengan jumlah kebutuhan.

"Karena persyaratannya untuk booster ini kita sudah memenuhi syarat. Vaksin lengkap dua kali dan jaraknya sudah 6 bulan. Jadi tidak ada masalah apa pun. Jadi karena itu kita bisa melakukan booster sudah. Hari ini kita canangkan," tegasnya.