Agus Widjojo Jadi Dubes RI di Filipina, Gubernur Lemhannas Dijabat Plt

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 20:12 WIB
Biografi Agus Widjojo Gubernur Lemhanas, Jadi Kontroversi soal TNI-Rakyat
Agus Widjojo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI untuk Republik Filipina. Lalu, bagaimana jabatan Agus sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas)?

Agus mengatakan dirinya tak lagi menjabat Gubernur Lemhannas. Saat ini, posisi Gubernur Lemhannas diisi pelaksana tugas (Plt).

"Tidak (lagi menjabat Gubernur Lemhannas). Tugas dan kewenangan sudah saya serahkan kepada Wagub (Lemhannas) Marsdya TNI Wieko Syofyan sebagai Plt," kata Agus kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Agus mengatakan dirinya telah menerima surat pemberhentian dari Gubernur Lemhannas pada Selasa (11/1) kemarin.

"Sudah ada (surat pemberhentian). Sekaligus penunjukan Wagub sebagai Plt. Kemarin (diterima) tanggal 11/1," ujarnya.

Presiden Jokowi sebelumnya resmi melantik sejumlah duta besar (dubes) RI tadi siang. Ada 3 Dubes RI yang dilantik.

Berdasarkan tayangan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (12/1), pelantikan Dubes RI itu digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat. Acara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan. Barulah kemudian Jokowi memimpin pembacaan sumpah yang diikuti oleh pejabat yang dilantik.

"Bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi Dharma Bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah pelantikan yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh para dubes yang dilantik.

Berikut ini daftar 3 Dubes RI yang dilantik Jokowi hari ini:

1. Sunarko, Dubes LBBP RI untuk Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum.
2. Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Dubes LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, berkedudukan di Manila.
3. Fientje Maritje Suebu, Dubes LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue, berkedudukan di Wellington.

(lir/jbr)