Diberi Gelar Profesor Kehormatan, Terawan Banggakan Vaksin Nusantara

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 19:00 WIB
SBY dan Prabowo hadiri pemberian gelar profesor kehormatan ke Terawan (Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
Terawan menerima gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan (Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
Jakarta -

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menerima gelar Profesor Kehormatan dari Fakultas Kedokteran Militer, Universitas Pertahanan. Dalam pidato penerimaan gelar, Terawan bicara tentang peran Vaksin Nusantara dalam penanganan pandemi.

Awalnya Terawan berbicara tentang peran sistem kesehatan militer dalam penanganan kesehatan global. Ia kemudian berbicara tentang inovasi berupa Vaksin Nusantara yang menjadi salah satu upaya mengatasi pandemi Corona (COVID-19).

"Berbagai inovasi dan upaya terus dikembangkan oleh tenaga medis dalam penanganan pandemi COVID-19, salah satunya Vaknus atau Vaksin Nusantara yang kami kembangkan berserta tim peneliti sebagai salah satu upaya mengatasi pandemi yang melanda dunia," kata Terawan di Universitas Pertahanan, Sentul, Bogor, Rabu (12/1/2022).

Terawan menjelaskan bahwa Vaksin Nusantara dikembangkan dari sel yang berasal dari tubuh sendiri. Metode ini membuat efek sampingnya menjadi minimal.

"Vaksin Nusantara dibuat dari sel yang berasal dari tubuh sendiri atau autolog, sehingga efek sampingnya minimal. Aplikasi sel dendritik sebagai pemicu imunitas sebagian besar dikembangkan sebagai imunoterapi keganasan, seperti kanker pankreas, tumor wilms, glioblastoma, melanoma, dan kanker paru," jelasnya.

Simak Video: Sederet Pro Kontra Iringi Perjalanan Vaksin Nusantara

[Gambas:Video 20detik]