SBY-Prabowo Hadiri Pemberian Gelar Profesor Kehormatan Unhan ke Terawan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 18:07 WIB
SBY dan Prabowo hadiri pemberian gelar profesor kehormatan ke Terawan (Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
SBY dan Prabowo menghadiri pemberian gelar profesor kehormatan ke Terawan. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
Jakarta -

Mantan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto memperoleh gelar profesor kehormatan (guru besar tidak tetap) ilmu pertahanan bidang kedokteran militer Fakultas Kedokteran Militer Universitas Pertahanan (Unhan).

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto hadir dalam pemberian gelar profesor kehormatan kepada dr Terawan.

SBY dan Prabowo tampak sama-sama mengenakan jas saat menghadiri acara itu. Keduanya terlihat bertegur sapa.

SBY dan Prabowo hadiri pemberian gelar profesor kehormatan ke Terawan (Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)SBY dan Prabowo menghadiri pemberian gelar profesor kehormatan ke Terawan (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)

Gelar Profesor Kehormatan untuk Terawan

Penganugerahan gelar kehormatan atau guru besar tidak tetap di bidang kesehatan militer Universitas Pertahanan kepada Terawan ini diberikan terhitung mulai 1 Januari 2022.

"Terhitung mulai 1 Januari 2022 menganugerahkan gelar kehormatan atau guru besar tidak tetap di bidang kesehatan militer Universitas Pertahanan RI kepada Letjen TNI Purn Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad," demikian keputusan tersebut yang disampaikan oleh Sekretaris Unhan, Rabu (12/1/2022).

SBY dan Prabowo hadiri pemberian gelar profesor kehormatan ke Terawan (Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)SBY dan Prabowo menghadiri pemberian gelar profesor kehormatan ke Terawan (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan kiprah dr Terawan dalam bidang kesehatan militer yang diakui internasional. Ide, gagasan, dan karya ilmiah militer sebagai prajurit TNI juga menjadi penilaian akhir kelayakan dr Terawan untuk menerima gelar profesor kehormatan.

dr Terawan mulai dikenal sebagai penggagas metode 'cuci otak' atau digital subtraction angiography (DSA) untuk pasien stroke. Selain itu, dia diketahui merupakan penggagas vaksin Nusantara.

Tonton juga LIVE d'Mentor dengan tema 'Jerat Penipuan Bermodus Kripto' di bawah ini:

(mae/imk)