Keris Sarat Makna dari Prabowo untuk Agum Gumelar hingga Hendropriyono

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 18:09 WIB
Menhan Prabowo Subianto bertemu Hendropriyono hingga Agum Gumelar (dok. Kemhan).
Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan Hendropriyono hingga Agum Gumelar. (Foto: dok. Kemhan).
Jakarta -

Pertemuan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan para senior TNI, seperti Hendropriyono hingga Agum Gumelar, berlangsung hangat. Para senior TNI tersebut diberi keris sarat makna oleh Prabowo.

Kementerian Pertahanan dalam rilis mereka, Rabu (12/1/2022), mengatakan Prabowo Subianto mengundang tokoh-tokoh tersebut dalam focus discussion group (FGD). Tema FGD tersebut membahas lingkungan strategis dan kontingensi ancaman yang digelar Senin (10/1) lalu demi menggalang masukan bagi Kemhan dalam menghasilkan produk-produk strategis di bidang penyelenggaraan pertahanan negara.

Jenderal TNI (Purn) M Hendropriyono, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, dan Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto hadir langsung, sedangkan Laksamana TNI (Purn) Widodo Adi Sucipto secara virtual.

Ada momen Prabowo dan Hendropriyono memegang sebuah keris. Bukan hanya Hendropriyono, Agum Gumelar juga tampak memegang keris dari Prabowo. Dalam satu momen, Prabowo, Hendropriyono, hingga Agum Gumelar berdiskusi cukup serius.

Rupanya, semua tokoh yang mengikuti pertemuan diberi Prabowo keris. "Semua tokoh diberi keris. Pak Agum, Pak Hendro, Pak Endriartono Sutarto, dan Pak Widodo AS juga diberi keris," kata juru bicara Menhan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, saat dimintai konfirmasi.

Dahnil menyebut Prabowo memang punya kebiasaan memberi buah tangan kepada para tamunya. "Itu kebiasaan Pak Prabowo memberikan cendera mata kepada tokoh-tokoh dan tamu-tamu Kemhan dan militer dari luar negeri," katanya.

Rupanya, bukan tanpa alasan Prabowo memilih keris untuk para senior TNI tersebut. Keris sarat makna, kata Dahnil, karena simbol senjata pertahanan para pejuang Indonesia.

"Keris adalah senjata khas dan tradisional Indonesia, simbol senjata pertahanan yang digunakan para satria atau pendekar-pendekar pejuang Indonesia," ujar Dahnil.

Lihat juga Video: Indikator: Anies Akan Mudah Dapat Dukungan Kalau Maju Lewat Gerindra

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/imk)