Vaksinasi Booster Hari Pertama, Puskesmas Cempaka Putih Siapkan 100 Dosis

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 16:04 WIB
Vaksinasi booster di Puskesmas Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Vaksinasi booster di Puskesmas Cempaka Putih, Jakarta Pusat (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Pemberian vaksin COVID-19 dosis ketiga atau booster dimulai hari ini. Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, menyiapkan 100 dosis vaksin jenis Pfizer.

"Untuk Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih sendiri, hari ini kami sudah siap memulai untuk program vaksinasi booster dosis ketiga," kata Kepala Puskesmas Murni Luciana Naibaho di kantornya, Jl Pramuka Sari I, Jakarta Pusat, Rabu (12/1/2022).

Murni mengatakan untuk hari ini Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih membuka 100 dosis. Penerima vaksin COVID-19 dosis ke-3 ini adalah lansia yang telah menerima tiket dari aplikasi PeduliLindungi.

"Untuk saat ini yang tidak memiliki e-ticket, kami belum bisa menerimanya agar nanti tidak terkendala dalam proses penginputan datanya di sertifikat dan aplikasi PeduliLindungi," katanya.

Murni mengatakan prioritas yang mendapatkan vaksin dosis ketiga adalah orang-orang yang telah mendapatkan e-ticket dan lansia, dengan rentang waktu enam bulan setelah menerima vaksin dosis kedua.

"Dari Pusdatin ya yang akan memasukkan data, nanti mereka akan mendapat SMS dari aplikasi PeduliLindungi setelah mereka mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua. Nanti dia akan dikirim e-ticket dari aplikasi PeduliLindungi," katanya.

"Untuk sementara yang kami layani hanya yang sudah memiliki e-ticket supaya kita tidak dua kali kerja," sambungnya.

Lebih lanjut Murni mengatakan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi secara lebih masif agar semakin banyak masyarakat yang dapat mengakses vaksinasi booster di sentra-sentra vaksin.

"Untuk hari pertama animonya lumayan yang hadir, ada 24 orang yang datang untuk menerima vaksin booster," katanya.

Seorang warga Julianti (83) mengaku sangat antusias dengan adanya program booster tersebut. Dia mengaku mendapat informasi dari berita-berita bahwa per hari ini sudah dimulai program booster.

"Dapat informasi dari berita-berita, tanggal 12 (Januari) ini sudah langsung mulai program booster, jadi kita langsung datang," katanya.

Juliana berharap dengan program tersebut dapat membantu pemerintah dalam memberantas pandemi agar semuanya dapat berjalan normal kembali.

"Harapannya, kita semua bisa sehat dan terhindar dari virus COVID-19," katanya.

(lir/lir)