Bobby Copot Kepala Lingkungan di Medan karena Pungli Warga yang Urus KK-KTP

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 21:20 WIB
Bobby Nasution pecat kepala lingkungan di Medan (Datuk Harus/detikcom)
Bobby Nasution memecat kepala lingkungan di Medan. (Datuk Harus/detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution mencopot kepala lingkungan (kepling) di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Medan Timur, Kota Medan. Pencopotan dilakukan lantaran kepling itu ketahuan melakukan pungutan liar (pungli) terhadap warga.

Awalnya, Bobby mendapat laporan dari masyarakat melalui pesan Instagram pribadinya soal adanya pungli pengurusan KTP dan kartu keluarga (KK) sebesar Rp 1,7 juta oleh Kepling VIII, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel. Bobby pun kemudian datang ke kantor kelurahan setempat pada Selasa (11/1/2022).

Bobby awalnya menjumpai lurah setempat. Dia menuturkan bahwa ada laporan warga soal pungli. Bobby meminta agar kepling dihadirkan. Kepling tersebut pun ternyata ada di lokasi.

Bobby lantas mencecar berbagai pertanyaan kepada Kepling VIII bernama Sulistiyo. Bobby meminta pengakuan dari kepling tersebut hingga nominal uang yang dimintanya.

Setelah kepling itu mengakui perbuatannya, Bobby lantas meminta agar uang yang telah diambil dari masyarakat dipulangkan besok. Bobby meminta kepling itu membuat surat pernyataan pengembalian uang tersebut.

"Ini ada warga Medan ngelapor, selalu saya sampaikan jangan ada pungli, jangan ada korupsi. Ini masyarakat kita ngelapor, DM ke saya langsung melalui IG ada kegiatan pungli dan bisa menunjukkan videonya. Jelas videonya, ada kepling kita nerima langsung ngurus KTP sama KK Rp 1,7 juta ditarikin uang," kata Bobby kepada wartawan.

Bobby telah meminta agar kepling itu mengembalikan uang yang telah diambil dari masyarakat. Bobby pun lalu mencopot kepling tersebut dari posisinya. Dia meminta camat setempat memproses kepling tersebut dan menggantikannya dengan yang lebih bagus.

"Besok kita minta kembalikan. Harus dikembalikan besok dan saya minta Pak Camat tolong diproses, nggak usah jadi kepling lagi cari yang bagus untuk melayani masyarakat," sebut Bobby.

"Apa pun alasannya, untuk kepengurusan data diri, KTP, KK mau tidak ada data, mau KTP-nya hilang, KK-nya hilang itu tidak dikenakan biaya sama sekali," ujar Bobby.

Bobby pun kembali menegaskan bahwa dia mencopot kepling tersebut. Bobby tidak akan segan memberikan sanksi bagi siapa pun yang melakukan pungli.

"Haruslah (dicopot). Saya sudah berkali-kali menyampaikan nggak ada pungli, nggak ada korupsi, dan bukan sekali dua kali setiap ada acara saya sampaikan," ujar Bobby.

(dhm/eva)