Kebumen Implementasikan Program Presiden Core Values ASN BerAkhlak

Rinto Heksantoro - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 21:11 WIB
Kebumen Implementasikan ASN BerAkhlak
Foto: Pemkab Kebumen
Kebumen -

Pemerintah Kabupaten Kebumen langsung merespons cepat program core values ASN BerAkhlak dan employer branding bagi ASN 'Bangga Melayani Bangsa'. Program tersebut sebelumnya telah diluncurkan Presiden Jokowi pada 27 Juli 2021.

Respons cepat itu diwujudkan dalam kegiatan Internalisasi Core Value dan Employer Branding ASN yang diikuti oleh para pimpinan OPD, dan camat di wilayah Kebumen. Acara berlangsung di Pendopo Kabumian, Selasa (11/1/2022) yang disertai Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2022.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan, sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Nomor 20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN, mengamanatkan kepada daerah untuk melakukan hal yang sama.

"Ini merupakan respons cepat intruksi dari program Jokowi agar ASN di Indonesia punya sikap akhlak, Internalisasi Core Value dan Employer Branding bagi ASN. Outputnya adalah bagaimana bisa memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat," kata Arif Sugiyanto.

Adapun Core Values BerAkhlak bagi ASN artinya Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Dalam bekerja, Arif menambahkan, ASN harus punya orientasi untuk memberikan layanan terbaik dengan kriteria yang telah dijabarkan.

"Instruksi Presiden juga sangat sesuai dengan visi kami pada saat mencalonkan Bupati 2020 lalu bahwa kita mengusung visi Kebumen SEMARAK (Sejahtera, Mandiri, Berakhlak Bersama Rakyat). Akhlak menjadi modal penting bagi aparat pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Arif melihat, ASN di Kebumen telah menunjukkan kinerja yang baik. Ini dibuktikan pada tahun 2021 ini, bahwa pemerintah Kabupaten Kebumen telah banyak memenangkan penghargaan dari pusat untuk tingkat nasional. Kebumen meraih penghargaan tingkat nasional dari Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang Smart City atau Kota Cerdas katagori Governance. Kemudian, Kebumen juga dinobatkan sebagai kabupaten pencipta arsip terbaik tingkat nasional.

"Berakhlak ini merupakan nilai yang nantinya menjadi pedoman dalam bertindak dan berperilaku untuk seluruh ASN, sedangkan Bangga Melayani Bangsa adalah jiwanya. Alhamdulillah dari Visi Kebumen Semarak, kinerja ASN sudah terlihat hasilnya dengan capaian atau penghargaan di tingkat nasional," imbuhnya.

Siapapun ASN yang bekerja baik dengan akhlak yang baik dan berprestasi maka pihaknya akan memberikan reward. Salah satunya dengan promosi jabatan atau peningkatan jenjang karier. Sebaliknya, bagi ASN punya catatan buruk, bahkan berani melanggar hukum, maka pasti akan mendapat sanksi hukum.

"Reward and punishment itu berlaku, kalau para ASN ini bekerja baik, akhlaknya baik, pintar tentu peluang untuk promosi jabatannya lebih besar. Tapi kalau buruk, melawan hukum, menyalahgunakan kewenangan pasti akan mendapat sanksi hukum," pungkasnya.

(fhs/ega)