Kunjungi Fasilitas Publik Kota Bekasi, Ridwan Kamil Minta Plt Walkot Berbenah

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 19:32 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto meninjau fasilitas publik di Stadion Bekasi, Rabu (11/1/2022). Sebelumnya Ridwan Kamil meninjau operasi pasar murah.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Tinjau Fasilitas Publik di Bekasi (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengunjungi beberapa fasilitas publik di Kota Bekasi. Ridwan Kamil mengingatkan Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto untuk berbenah.

Dalam kunjungannya itu, Ridwan Kamil didampingi oleh Tri Adhianto serta jajaran Pemkot Bekasi lainnya. Ridwan Kamil meminta Tri agar infrastruktur yang ada bertujuan untuk kepentingan publik bukan pribadi atau swasta.

"Untuk sisa waktu Pak Tri ini sebagai Plt, harus berbenah juga infrastruktur publiknya. Jangan hanya infrastruktur swastanya, jangan hanya bangunan-bangunan megah, tidak untuk pihak-pihak pribadi swasta tapi juga publik," kata Kang Emil, sapaan akrabnya, kepada wartawan di Gedung Plaza Pemkot Bekasi, Selasa (11/01/2022).

Salah satu fasilitas umum yang dikunjungi adalah Hutan Kota Bekasi yang tidak jauh dari Pemkot. Kang Emil menyayangkan tidak ada aktivitas masyarakat di sana. Dia menilai Hutan Kota itu tidak menarik bagi masyarakat.

"Kota Bekasi ternyata memiliki sebuah hutan kota yang luas. Namun, tidak banyak saya lihat interaksi masyarakat. Itu artinya masyarakat kurang tertarik datang ke Hutan Kota karena hutan kotanya tidak memberikan ruang-ruang yang sesuai dengan kebutuhan zaman," ujarnya.

Kang Emil lantas mengusulkan agar Hutan Kota Bekasi didesain ulang. Jadi bukan hanya menjadi paru-paru kota, tapi juga jadi paru-paru sosial.

"Bedakan hutan kota dengan hutan belantara, kalau hutan belantara itu pohon saja, enggak ada orang. Kalau hutan kota itu ada pohonnya, juga ada interaksi sosialnya. Nanti diusulkan akan kita desain ulang sehingga ini harus menjadi paru-paru ekologis dan paru-paru sosial juga," ujarnya.

Kang Emil berharap, ketika masa jabatan Tri Adhianto selesai, Kota Bekasi menjadi lebih humanis dan lebih baik. Tidak hanya di sektor ekonomi, tapi juga dalam sektor birokrasi.

"Sehingga nanti di akhir jabatan kota ini lebih humanis, karena ekonominya udah keren dari sisi ekonomi. Sehingga kotanya menjadi lebih baik dan birokrasinya sudah mampu mereformasi diri mulai sekarang. Selain tadi ada reformasi birokrasi, penataan ruang untuk masyarakat harus lebih tinggi dibanding ruang pribadi," ujarnya.

(eva/eva)