Kemnaker Buat Wadah Pengembangan SDM 'Kemnaker Corporate University'

Angga Laraspati - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 18:44 WIB
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnnaker) punya wadah baru untuk mengembangkan kompetensi SDM untuk ASN Kemnaker. Wadah baru itu disebut Kemnaker Corporate University (CorpU).

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan melalui wadah tersebut diharapkan mampu mendukung terwujudnya profesionalisme ASN dan meningkatkan kompetensi ASN Kemnaker.

"Di PPSDM (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia) ada wadah baru, sebentar lagi akan diperkenalkan yakni Kemnaker CorpU, yang melakukan pendekatan lebih mutakhir dalam pengembangan SDM," ujar Anwar Sanusi dalam keterangan tertulis, Selasa (11/1/2022).

Dalam acara 'Ngobrol Pintar; bareng Sekjen tentang 'Isu dan Pengelolaan SDM Aparatur', Anwar mengatakan apabila sebelumnya tugas pengembangan SDM di Kemnaker berada di unit kerja seperti Pusat Pendidikan Latihan (Pusdiklat), Pusat Latihan (Puslat) dan PPSDM.

Namun, adanya lembaga Kemnaker CorpU akan menjadi tanggung jawab bersama seluruh ASN di lingkungan Kemnaker. Sebab amanat Pasal 203 PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS bahwa setiap ASN memiliki hak dan kesempatan sama untuk mengembangkan kompetensinya paling sedikit 20 jam pelajaran (JP) dalam 1 tahun.

Pembelajaran atau pengembangan kompetensi bagi ASN tersebut bukan hanya mendatangi lembaga pelatihan yang bersifat penjenjangan atau diklatpim, tapi pola Kemnaker CorpU ini pelatihan bersifat teknis dan fungsional.

"Kita harus kembangkan pelatihan itu, karena kita memiliki tuntutan pekerjaan yang semakin hari semakin bervariasi, " ujarnya.

Anwar mencontohkan seorang mediator bertugas memediasi konflik perusahaan dengan pekerja, harus mengembangkan kemampuan mediasinya menghadapi konflik yang setiap saat makin dinamis dan progresif.

Demikian pula, peningkatan kemampuan teknis bagi ASN sangat diperlukan termasuk kemampuan kompetensi politik. Yakni kemampuan untuk menyampaikan gagasan kepada publik secara luas dalam forum internasional saat bertugas ke luar negeri.

"Mari teguhkan keinginan kita untuk menjadikan Kemnaker lebih hebat di masa mendatang," katanya.

(ncm/ega)