Puluhan Siswa SD di Padang Keracunan Bakso Bakar, Kondisi Muntah-muntah

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 15:43 WIB
Ilustrasi Bakso Goreng
Ilustrasi bakso (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tatiana Volgutova)
Bukittinggi -

Puluhan siswa SD Negeri 29 Gunung Sariak, Kecamatan Kuranji Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami keracunan makanan. Mereka keracunan usai menyantap jajanan bakso bakar yang berada di depan sekolah.

Kabid Pelayanan Medis dan Perawatan RSUD Rasyidin Padang dr Sri Kurniayati menyebutkan ada 35 pasien yang dibawa ke rumah sakit setelah memakan bakso bakar. Para korban dalam kondisi muntah dan pusing.

"Kita kedatangan pasien sebanyak 35 orang karena keracunan makanan, dari SD 29. Katanya dari makanan bakso bakar yang dijual di sekitar sekolah," kata Sri kepada wartawan.

Ia menjelaskan puluhan siswa tersebut mengeluhkan sakit perut. Dari 35 orang itu, 11 di antaranya sudah dipulangkan kembali ke rumah masing-masing setelah mendapat perawatan medis.

"Untuk yang 35 orang, kondisinya harus memakai oksigen 11 anak, 11 yang lain di antaranya sudah pulang," kata dia.

Salah seorang orang tua siswa, Fitri Ramadani, menceritakan kondisi anaknya. Ia menyebut buah hatinya itu tiba-tiba muntah setelah makan bakso bakar.

"Tadi infonya beli jajan baksi di sekolah, lalu muntah-muntah. Waktu awal masuk tadi pucat sekali, Tapi setelah diberi oksigen, sudah agak lebih baik," kata Fitri yang ditemui di bangsal perawatan.

Pihak sekolah menyatakan sudah sejak lama mengingatkan para orang tua untuk tidak mengizinkan anaknya belanja bebas.



"Kalau soal jajan, kan di luar jangkauan kita. Kebetulan anak jajan di luar sekolah sebelum masuk. Kami tidak membolehkan jajan keluar, apalagi di tengah pandemi saat ini. Sudah disampaikan kepada orang tuanya. Tapi yang namanya anak-anak," kata Kepala SD Negeri 29 Gunung Sariak Fauziah, kepada wartawan.

Menurut Fauziah, sampel muntah sudah dikirim oleh pihak rumah sakit ke Balai POM untuk pemeriksaan lebih lanjut.

(isa/isa)