Pembukaan Kafe di Padang Timbulkan Kerumunan, Pengelola Diperiksa Petugas

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 14:08 WIB
Pembukaan kafe di Padang menimbulkan kerumunan dan langgar prokes
Pembukaan kafe di Padang menimbulkan kerumunan dan melanggar prokes. (Foto: Tangkapan layar video)
Padang -

Satpol PP memanggil pemilik sebuah kafe yang menggelar pesta saat pembukaan kafe. Petugas Satpol PP bertindak setelah video pesta tersebut beredar luas di media sosial dan memperlihatkan dugaan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

Dilihat detikcom, Selasa (11/1/2022), dalam video pembukaan kafe bernama Flambo Café & Resto di kawasan Flamboyan, Kota Padang, itu terlihat hadir sejumlah pejabat. Salah satunya Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi.

Pembukaan kafe dihadiri lebih dari seratus orang. Sebagian besar pengunjung di video tersebut tidak menggunakan masker dan tak menjaga jarak. Mereka hanyut dan bergoyang bersama mengikuti alunan live music yang diperdengarkan.

Kepala Satpol PP Kota Padang Mursalim Nafis mengatakan kegiatan dalam video yang beredar luas tersebut terjadi pada Minggu (9/1) malam.

"Kami tahu adanya aktivitas seperti itu setelah videonya beredar luas. Tentu saja kegiatan yang mengabaikan protokol kesehatan di tengah pandemi seperti ini sangat disayangkan," kata Mursalim kepada wartawan, Selasa (11/1/2022).

Menurut Mursalim, pihaknya sudah memanggil pemilik kafe. Petugas juga mendatangi lokasi kejadian. Tapi ia belum menjelaskan apa tindakan yang diambil.

"Satpol PP sebagai petugas penegak perda perlu lebih intens melakukan pengawasan. Tentu perlu kerja sama semua pihak dengan institusi yang terkait dan perlu dikoordinasikan," kata dia.

Ia mengimbau semua pihak, baik yang beraktivitas sebagai pelaku usaha maupun sebagai pengunjung agar memperhatikan penerapan protokol kesehatan sesuai Perda Nomor 1 Tahun 2021.

"Ini semua dalam upaya agar Kota Padang kembali normal dan masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa," katanya lagi.

(mud/mud)