Dede Yusuf hingga Bupati Iti Jayabaya Panaskan Bursa Cagub DKI Demokrat

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 13:30 WIB
Kamhar Lakumani (Dokumentasi pribadi).
Kamhar Lakumani (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Partai Demokrat turut meramaikan bursa Pilkada 2024 dengan mengusung sejumlah nama potensial. Demokrat menilai sejumlah nama seperti Dede Yusuf hingga Iti Octavia Jayabaya berpeluang maju di Pilkada 2024 sebagai pengganti Anies Baswedan.

"Dede Yusuf salah satu kader utama Partai Demokrat yang memiliki potensi besar untuk diajukan pada Pilkada 2024, baik untuk Pilgub DKI Jakarta maupun Pilgub Jawa Barat," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani saat dihubungi, Selasa (11/1/2022).

Kamhar menilai Dede Yusuf memiliki rekam jejak yang memadai seperti mantan Wagub Jawa Barat hingga pimpinan di Komisi DPR RI. Dia menyebut namanya memang selalu masuk dalam pembahasan Bappilu Partai Demokrat.

"Dengan rekam jejaknya yang pernah menjadi Wagub Jawa Barat dan pimpinan Komisi DPR-RI beberapa periode tentunya sangat memadai. Namanya selalu masuk dalam pembahasan Bappilu," katanya.

Selain Dede Yusuf, Kamhar menyebut ada sejumlah nama potensial lainnya. Beberapa nama yang diusung, kata dia, berpengalaman mewakili Demokrat di eksekutif dan legislatif.

"Tentu tak hanya dia, kader-kader potensial lain yang rekam jejaknya juga tak kalah menjadi perhatian seperti Anwar Hafid, Ridho Ficardo, Didik Mukrianto dan Iti Octavia Jayabaya yang telah berpengalaman di eksekutif maupun legislatif," ujarnya.

Meski begitu, politikus Demokrat ini menyebut belum ada kesimpulan terkait siapa yang bakal mewakili Demokrat di Pilkada DKI Jakarta 2024. Dia mengaku masih melihat dinamika politik yang terjadi hingga 2024.

"Sampai saat ini belum ada pembahasan yang mengerucut. Kita juga masih mencermati dinamika politik yang berkembang untuk pada saatnya nanti Bappilu akan berkonsultasi dan menyerahkan kepada Majelis Tinggi Partai dalam hal membangun koalisi dan mengusung pasangan calon yang tepat untuk pemenangan," katanya.

Untuk diketahui, sejumlah partai politik mulai mengajukan calon masing-masing untuk Pilkada DKI Jakarta 2024. Direktur Eksekutif IndoStrategic Khoirul Umam membeberkan analisis beberapa kandidat yang sejauh ini diajukan sejumlah partai, salah satunya Dede Yusuf.

"Jika Anies tidak jadi maju di pilpres, ia berpotensi menjadi petahana yang punya catatan relatif baik untuk maju lagi di Pilkada 2024. Namun, jika Anies maju di pilpres, Wakil Gubernur sekarang berpotensi menjadi salah satu alternatif lainnya. Terlebih lagi, Partai Demokrat konon juga dikabarkan sering menyebut nama Dede Yusuf untuk dicalonkan di Pilgub DKI Jakarta mendatang," ujar Umam.

(maa/gbr)