Mengintip Peluang Jagoan NasDem, Riza hingga Risma di Pilgub DKI 2024

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 12:06 WIB
Ahmad Khoirul Umam
Ahmad Khoirul Umam (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Direktur Eksekutif IndoStrategic Khoirul Umam membeberkan analisis beberapa kandidat yang sejauh ini diajukan sejumlah partai. Umam mengawali dengan tiga usulan nama yang diajukan oleh NasDem, yakni Okky Asokawati, Wibi Andrino, dan Ahmad Sahroni.

"Dari tiga nama itu, belum ada yang memenuhi standar kompetensi elektoral yang memadai dan belum terbukti memiliki kompetensi teknis kepemimpinan yang kuat untuk level DKI Jakarta," kata Umam seperti dalam keterangannya, Selasa (11/1/2022).

Meski begitu, dosen Ilmu Politik dan International Studies Universitas Paramadina ini mengatakan Sahroni masih punya peluang. Dia menyebut posisi Sahroni sebagai ketua penyelenggara Formula E bisa menjadi daya tawar di Pilkada 2024.

"Adapun posisi Sahroni sebagai ketua penyelenggara Formula E barangkali bisa ia gunakan dengan track record untuk menawarkan nama dalam bursa politik pilkada, namun efek getarnya masih relatif kecil," katanya.

Kemudian, Umam membahas terkait Anies Baswedan, yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Menurutnya, Anies berpeluang menjadi petahana jika tidak jadi maju pada Pilpres 2024. Sedangkan jika Anies jadi maju pilpres, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bisa berpotensi naik.

"Jika Anies tidak jadi maju di pilpres, ia berpotensi menjadi petahana yang punya catatan relatif baik untuk maju lagi di Pilkada 2024. Namun, jika Anies maju di pilpres, Wakil Gubernur sekarang berpotensi menjadi salah satu alternatif lainnya. Terlebih lagi, Partai Demokrat konon juga dikabarkan sering menyebut nama Dede Yusuf untuk dicalonkan di Pilgub DKI Jakarta mendatang," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak juga Video: PDIP Bicara Peluang Risma-Gibran Maju ke Pilgub DKI 2024

[Gambas:Video 20detik]