Penendang Sesajen Gunung Semeru Mulai Terkuak, Ini Info Terbarunya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 12:39 WIB
Penendang sesajen gunung Semeru telah diketahui identitasnya. Kini, keberadaannya diketahui di luar wilayah Lumajang. Bagaimana info terbarunya?
Penendang Sesajen Gunung Semeru Mulai Terkuak, Ini Info Terbarunya (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Penendang sesajen Gunung Semeru telah diketahui identitasnya. Pria tersebut ramai dibicarakan setelah rekaman video dirinya yang menendang sesajen viral di media sosial.

Polisi masih terus melakukan pencarian hingga melalui dunia maya. Kini penendang sesajen itu diinformasikan berada di luar daerah Lumajang. Berikut informasi lengkapnya.

Penendang Sesajen Gunung Semeru Berinisial HF

Penendang sesajen Gunung Semeru yang viral merupakan seorang pria berinisial HF. Ia dilaporkan kepada pihak kepolisian karena menendang dan melempar sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Kepolisian Bentuk Tim Buru Penendang Sesajen Gunung Semeru

Kepolisan membentuk tim untuk memburu pria berinisial HF tersebut. Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko.

"Itu kita sudah bentuk tim untuk melakukan pencarian terhadap pelaku tersebut," ucap Gatot di Surabaya, Senin (10/1).

Penendang Sesajen Gunung Semeru Ada di Luar Lumajang

Pria berinisial HF kini menjadi buron. Pihak kepolisian terus melakukan pencarian terhadap penendang sesajen di Gunung Semeru.

"Pelaku penendangan sesajen yang bisa saya simpulkan sebagai tindakan intoleransi masih terus kami lakukan upaya pencarian," kata Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno.

Tindakan yang dilakukannya dianggap sebagai bentuk intoleransi terhadap kepercayaan masyarakat. Menurut laporan masyarakat, HF diketahui berada di luar daerah Lumajang.

"Kemudian juga kami berterima kasih adanya info dari warga, rekan-rekan, seseorang yang kita duga identik atau mirip dengan pelaku sesuai dengan video yang beredar, yaitu inisial HF, yang bersangkutan terindikasi berada di luar daerah," lanjut Eka.

Organisasi Umat Hindu Melaporkan Penendang Sesajen Gunung Semeru

Penendang sesajen Gunung Semeru dilaporkan organisasi umat Hindu, DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jawa Timur, kepada Polda Jatim. Menurut mereka, apa yang dilakukan pria tersebut merupakan suatu penghinaan bagi budaya Nusantara, khususnya pada umat Hindu.

"Kami dari pengurus daerah pimpinan Prajaniti Jatim menyikapi telah terjadinya oknum yang telah melakukan penghinaan budaya Nusantara, khususnya umat Hindu di Lumajang," ucap Wakil Ketua Bidang Hukum dan Politik DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jatim I Ketut Swardana di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Senin (10/1).

Ketut menilai kejadian ini telah menodai kerukunan umat Hindu dan warga Lumajang yang telah hidup berdampingan selama bertahun-tahun. Ketut juga mengatakan sesajen tersebut merupakan permohonan keselamatan atas peristiwa erupsi Semeru.

"Umat Hindu dan warga Lumajang sudah sangat toleran berdampingan bersama di sana, dinodai oleh oknum yang mana telah membuang sesaji yang merupakan permohonan keselamatan atas kejadian erupsi Semeru. Di situ dinodai oleh oknum yang sangat-sangat menyakitkan warga Lumajang khususnya umat Hindu atau budayawan di Lumajang," ujar Ketut.

Tanggapan warga Lumajang terhadap penendang sesajen Gunung Semeru dapat disimak di halaman berikutnya.

Simak Video: HF, Pria yang Diduga Tendang Sesajen di Lokasi Erupsi Semeru

[Gambas:Video 20detik]